Optimalisasi Redesign Pakaian Secondhand Berbahan Polyester

ELIZA FEBRI

Informasi Dasar

19.04.5145
646.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pakaian secondhand saat ini masih diminati oleh masyarakat Indonesia mulai dari berbagai kalangan. Di Indonesia sendiri terdapat pusat penjualan pakaian secondhand, salah satunya Pasar Cimol Gedebage yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Material yang terdapat pada pakaian secondhand tersebut rata-rata mengandung serat polyester. Serat polyester terbuat dari senyawa kimia sintesis serta limbah yang dihasilkan sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, peneliti melihat potensi yang terdapat pada pakaian secondhand berbahan kain polyester tersebut guna membuat atau merancang desain baru. Selain itu juga untuk meningkatkan nilai ekonomis dan estetiknya pada pakaian secondhand tersebut. Hasil dari penelitian ini yaitu produk fashion berupa jaket dan celana yang telah di redesign dengan mengaplikasikan teknik surface textile design.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis data melalui studi literatur, observasi, wawancara, dan eksplorasi guna mengetahui teknik yang optimal untuk diaplikasikan pada bahan baku yang akan diolah. Penelitian dilakukan dalam rangka mencari salah satu solusi untuk mengurangi volume limbah tekstil, dengan menggunakan metode upcycle pada pakaian secondhand berbahan kain polyester. Diharapkan dapat menambah alternatif dan dapat memberikan kebaruan mengenai pengolahan pada pakaian secondhand.

Kata kunci: pakaian secondhand, pasar cimol gedebage, polyester, redesign.

Subjek

CLOTHING CONSTRUCTION
 

Katalog

Optimalisasi Redesign Pakaian Secondhand Berbahan Polyester
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELIZA FEBRI
Perorangan
ARINI ARUMSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini