MANAJEMEN LABA: CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013-2017)

RISYAD NABIEL MAKARIM

Informasi Dasar

19.04.5150
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba merupakan upaya dari manajer perusahaan untuk mengintervensi atau memengaruhi informasi dalam laporan keuangan dengan tujuan untuk mengelabui pemegang saham yang mengetahui kinerja dan kondisi perusahaan. Tindakan manajemen laba dimotivasi oleh perilaku oportunistik manajer, yaitu dengan tujuan mendapatkan bonus, respons positif para investor, menurunkan beban pajak. Penelitian ini bertujuan menguji bukti empiris baik secara simultan ataupun secara parsial pengaruh corporate governance dan karakterstik perusahaan terhadap manajemen laba di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Penelitian ini terdiri dari 80 sampel sektor BUMN non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Sampel diperoleh secara purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan regresi data panel dengan menggunakan Eviews10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate governance, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba secara simultan. Secara parsial, profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan corporate governance, leverage, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Untuk perusahaan, hasil penelitian ini dapat digunakan untuk evaluasi pengawasan dan pengendalian agar tindakan manajemen laba menurun. Sedangkan untuk pemegang saham, hasil penelitian ini diharapkan dapat menganalisis lebih dalam tingkat laba, tingkat hutang untuk mengetahui adanya indikasi manajemen laba. Kata Kunci : Corporate Governance, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Manajemen Laba.

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

MANAJEMEN LABA: CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISYAD NABIEL MAKARIM
Perorangan
MAJIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini