PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS DAN PARTISIPASI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi Kasus pada Pemerintah Desa di Kecamatan Cianjur Tahun 2019)

RISCA SYAFIRA ANGELIA

Informasi Dasar

20.04.031
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengelolaan keuangan desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa. Besarnya anggaran desa yang diberikan pemerintah diharapkan dapat mewujudukan pemerataan pembangunan desa, namun disamping besarnya dana desa yang diberikan, dalam pelaksanaannya seringkali menimbulkan permasalahan sehingga pemerataan pembangunan desa tidak akan terlaksana dengan baik dan dapat menimbulkan penyimpangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transparansi, akuntabilitas dan partisipasi terhadap pengelolaan keuangan desa pada Pemerintah Desa di Kecamatan Cianjur tahun 2019 baik secara simultan maupun secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian dekriptif dan bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemerintah Desa Kecamatan Cianjur. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, yaitu seluruh aparat Pemerintah Desa Kecamatan Cianjur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan transparansi, akuntabilitas dan partisipasi berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan desa pada Pemerintah Desa Kecamatan Cianjur tahun 2019. Secara parsial transparansi tidak berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan desa pada Pemerintah Desa Kecamatan Cianjur tahun 2019, sedangkan akuntabilitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap pengelolaan keuangan desa pada Pemerintah Desa Kecamatan Cianjur tahun 2019 dan partisipasi berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap pengelolaan keuangan desa pada Pemerintah Desa Kecamatan Cianjur tahun 2019. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan Pemerintah Desa Kecamatan Cianjur dapat meningkatkan pelayanan akses informasi mengenai pertanggungjawaban pemerintah desa pada masyarakat serta melakukan kerjasama dengan media massa maupun dengan lembaga non-pemerintah terkait informasi pengelolaan keuangan desa.

Kata Kunci: Transparansi, akuntabilitas, partisipasi dan pengelolaan keuangan desa

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
 

Katalog

PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS DAN PARTISIPASI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi Kasus pada Pemerintah Desa di Kecamatan Cianjur Tahun 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISCA SYAFIRA ANGELIA
Perorangan
SRI RAHAYU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini