PENGARUH PROFITABILITAS dan GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

ANNISA FANIE LARASATI

Informasi Dasar

20.04.034
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tax avoidance adalah usaha meringankan beban pajak dengan tidak melanggar Undang-undang, untuk meminimalkan beban pajak secara legal dengan memanfaatkan celah-celah peraturan perpajakan yang ada. Namun, tindakan tax avoidance meskipun legal, tetapi hal ini tetap merugikan pemerintah karena pemerintah tidak dapat mengoptimalisasikan penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan dewan komisaris independen terhadap tax avoidance pada Perusahaan Pertambangan subsektor batubara di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Alat ukur yang digunakan pada tax avoidancei yaitu ETR (Effective Tax Rate). Teknik purposive sampling di gunakan untuk pengambilan sampel, sehingga memperoleh 45 data sampel dan periode penelitian selama 5 tahun. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan dewan komisaris independen secara simultan berpengaruh terhadap tax avoidance. Secara parsial profitabilitas berpengaruh negatif terhadap tax avoidance, sedangkan kepemilin manajerial berpengaruh positif terhadap tax avoidance dan kepemilikan institusional dan dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.

Kata Kunci : Return On Assets, Kepemilikan Institusisional, Kepemilikan Manajerial, Dewan Komisaris Independen, Tax Avoidance

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS dan GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA FANIE LARASATI
Perorangan
SRI RAHAYU, KURNIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini