PENGARUH RISK BASED CAPITAL, PREMIUM GROWTH DAN BEBAN KLAIM TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Perusahaan Asuransi Jiwa yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2013-2018)

DIAZMI SABILLA NURROSIS

Informasi Dasar

20.04.038
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Profitabilitas merupakan sebuah rasio yang digunakan untuk mengukur perkembangan laba perusahaan. Rasio profitabilitas pada PT Panin Dai-chi Life tahun 2018 mengalami kenaikan sedangkan premium growth mengalami penurunan. Pada PT CHUBB Life Insurance Indonesia tahun 2015 beban klaim dan profitabilitasnya mengalami penurunan serta pada tahun 2016 dan 2017 beban kaim dan profitabilitasnya mengalami kenaikan. Beban klaim dan profitabilitas pada PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha tahun 2015 mengalami penurunan dan pada tahun 2016 beban kaim dan profitabilitas PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha mengalami kenaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa risk based capital, premium growth, beban klaim dan profitabilitas pada Perusahaan Asuransi Jiwa yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tahun 2013-2018. Menganalisa pengaruh risk based capital, premium growth dan beban klaim secara simultan dan parsial terhadap profitabilitas pada Perusahaan Asuransi Jiwa yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tahun 2013-2018. Alat ukur yang digunakan yaitu risk based capital menggunakan rasio risk based capital, premium growth menggunakan rasio premium growth, beban klaim menggunakan rasio beban klaim dan profitabilitas menggunakan rasio return on asset. Populasi yang dalam penelitian ini yaitu Perusahaan Asuransi Jiwa yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tahun 2013-2018. Penelitian ini memiliki 15 sample dan periode penelitian selama 6 tahun yang menghasilkan 90 data dengan cara teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan risk based capital, premium growth dan beban klaim berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada Perusahaan Asuransi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tahun 2013- 2018. Secara parsial, risk based capital dan premium growth berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, dan beban klaim berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas pada Perusahaan Asuransi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tahun 2013-2018. Berdasarkan hasil penelitian, 83,11% faktor yang mempengaruhi profitabilitas adalah risk based capital, premium growth dan beban klaim. 16,89% faktor dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci : Risk based capital; Premium Growth; Beban Klaim; Profitabilitas

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH RISK BASED CAPITAL, PREMIUM GROWTH DAN BEBAN KLAIM TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Perusahaan Asuransi Jiwa yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2013-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAZMI SABILLA NURROSIS
Perorangan
SRI RAHAYU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini