RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI SISTEM CONTROLLING PENGELOLAAN SAMPAH DAN TEMPAT OLAH SAMPAH SETEMPAT TERPADU MANDIRI (TOSS TM) DENGAN TERPUSAT BERBASIS INTERNET of THINGS (IoT)

ROY SITANGGANG

Informasi Dasar

20.06.006
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Tempat sampah adalah kebutuhan esensial dalam kehidupan manusia. Hampir setiap harinya kita menghasilkan sampah. Baik sampah sisa makanan, sayuran, hingga sampah elektronik. Semakin banyak jumlah sampah maka semakin besar pula ukuran tempat sampah yang di butuhkan. Semua barang barang tersebut, haruslah di kumpulkan menjadi satu dalam wadah khusus untuk sampah dan kemudian di buang ke tempat penampungan lain dan setelah melewati beberapa proses pemilihan mungkin dapat dilakukan proses daur ulang. Pada perancangan Hardware Tempat sampah berbasis IoT yang digunakan yaitu sensor ultrasonic, Kapasitif Proximity, Motor Servo, dan NodeMCU. Kapasitif Proximity berfungsi untuk menentukan jenis sampah organik, induktif proximity untuk menentukan jenis sampah anorganik, Sensor Ultrasonic berfungsi untuk mengukur ketinggian sampah, dan motor servo berfungsi untuk penggerak masuknya sampah ke jenisnya masing-masing. Pada hasil pengujian tempat sampah tersebut menunjukan bahwa tempat sampah atau hardware dapat terhubung dengan web atau software. Pada pendeteksian jenis sampah, sensor kapasitif proximity yang digunakan untuk mendeteksi jenis sampah organik, dapat mendeteksi berbagai jenis sampah organik seperti kayu, sayur-sayuran, daun, dll. Untuk sensor induktif proximity yang digunakan untuk mendeteksi jenis sampah anorganik, hanya dapat mendeteksi jenis sampah seperti besi, alumunium, tembaga. Namun untuk sampah plastik, sensor induktif belum dapat mendeteksinya. Lalu, pada pengukuran ketinggian sampah menggunakan sensor ultrasonic, didapatkan delay pengiriman dari sensor ultrasonic ke firebase yaitu 1,869 s untuk tempat sampah organik dan 1,845 s untuk tempat sampah anorganik.

Subjek

MICROCONTROLLER PROGRAMMING
 

Katalog

RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI SISTEM CONTROLLING PENGELOLAAN SAMPAH DAN TEMPAT OLAH SAMPAH SETEMPAT TERPADU MANDIRI (TOSS TM) DENGAN TERPUSAT BERBASIS INTERNET of THINGS (IoT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROY SITANGGANG
Perorangan
AGUS GANDA PERMANA, DENNY DARLIS
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • DTG2K3 - APLIKASI MIKROKONTROLER
  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR
  • DTG1G3 - RANGKAIAN LISTRIK
  • DTH1H3 - TEKNIK DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini