PERANCANGAN MANAJEMEN RISIKO OPERASIONAL PADA SPBE/E-GOVERNMENT BERDASARKAN PERMEN PANRB NOMOR 5 TAHUN 2020: STUDI KASUS PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG

DESTY HARISDAYANTI

Informasi Dasar

20.04.2484
332.015 195
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) saat ini menjadi misi Pemerintahan Kabupaten Bandung yang diharapkan dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik, sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih serta mendukung tujuan kemandirian dan efisiensi biaya. Hal tersebut di tunjukkan dengan masih banyaknya risiko yang timbul dalam penerapan SPBE pada Pemerintah Kabupaten Bandung.

Terkait hal tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang proses manajemen risiko operasional SPBE agar dapat mengetahui rancangan risiko operasional dan estimasi terhadap tingkat kapabilitas dengan menggunakan Permen PANRB Nomor 5 Tahun 2020 tentang pedoman manajemen risiko SPBE yang sudah mengacu pada ISO 31000:2018 dan COBIT 5 for Risk.. Dalam COBIT 5 for risk memiliki kategori skenario risiko dan tipe risiko yang nantinya akan memudahkan peneliti dalam identifikasi risiko baik risiko negatif dan risiko positif di instansi tersebut. Kemudian penggunaan ISO 31000:2018 digunakan untuk tahapan dasar identifikasi risiko dalam penelitian kali ini yang memiliki dampak dalam meningkatkan pencapaian tujuan suatu organisasi dan tahapan yang dimiliki ISO 31000:2018 sudah sangat jelas di setiap prosesnya. Tujuan dari perancangan manajemen risiko operasional SPBE yaitu membantu meningkatkan nilai indeks SPBE pada Pemerintah Kabupaten Bandung dari 2,8 menjadi 3.

Dan hasil dari penelitian ini yaitu berupa dokumen rekomendasi perancangan personil, proses, dan teknologi berdasarkan profil risiko operasional. Hasil perancangan personil berupa rekomendasi peningkatan SDM dan deksripsi kerja. Hasil perancangan proses berupa kebijakan manajemen risiko operasional SPBE, Standar Operational Procedure (SOP) dan instruksi kerja. Hasil rancangan teknologi menghasilkan tools yang dapat digunakan dalam penerapan manajemen risiko operasional SPBE.

Kata Kunci: Pemerintah Kabupaten Bandung, PERMEN PANRB No.5/2020, ISO31000:2018, dan manajemen risiko operasional SPBE.

Subjek

RISK MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN MANAJEMEN RISIKO OPERASIONAL PADA SPBE/E-GOVERNMENT BERDASARKAN PERMEN PANRB NOMOR 5 TAHUN 2020: STUDI KASUS PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DESTY HARISDAYANTI
Perorangan
Rokhman Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini