PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA STARTUP BEEBAGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SITUATION, OBJECTIVES, STRATEGY, TACTICS, ACTION, CONTROL (SOSTAC)

NADIRA ALIFIA RAHMAN

Informasi Dasar

20.04.2518
658.84
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Beebagi merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang sosial, khususnya di bidang makanan. Tujuan dari Beebagi adalah, untuk menyelamatkan makanan yang layak makan untuk di bagikan kepada yang membutuhkan. Beebagi di ben-tuk atas inisiasi mahasiswa yang peduli akan makanan yang berlebih namun masih banyak masyarakat yang tidak bijak dalam mengatasi makanan berlebih yang di-milikinya, di sisi lain masih banyak masyarakat di sekitar yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya yaitu makanan. Banyaknya masyarakat yang be-lum mengetahui dampak negatif yang di hasilkan dari food waste atau makanan berlebih yang terbuang dengan sia-sia itu sendiri menimbulkan dampak negatif baik bagi lingkungan maupun sosial. Minimnya informasi akan bahaya food waste terhadap lingkungan maupun sosial tersebut menjadi salah satu penyebab utama masyarakat khususnya di bandung belum bijak dalam mengatasi makanan berlebih.

Dari permasalahan tersebut, Beebagi hadir sebagai sebuah platform yang dapat menghubungkan masyarakat yang mempunyai makanan berlebih tersebut dengan masyarakat pra-sejahtera yang membutuhkan makanan. Beebagi juga ikut mem-bantu mengatasi permasalahan yang ada dengan cara mengenalkan dampak dari food waste dan mengajak masyarakat indonesia khususnya dimulai dari masyara-kat Bandung untuk bijak dalam mengatasi makanan berlebih dengan cara mem-berikan atau mendonasikan makanan tersebut ke pada masyarakat yang membu-tuhkannya.

Dalam mengatasi permasalahan yang bertujuan untuk mengenalkan apa itu beebagi dan mengenalkan akan dampak dari food waste itu sendiri dibutuhkan metode yang tepat yang dapat menentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan Bee-bagi, pada penelitian ini peneliti menggunakan metode SOSTAC(situation analy-sis, objective, strategy, tactics, action, control). Metode SOSTAC merupakan metode yang mudah digunakan untuk melakukan pengecekan. Karena, metode ini mencatat setiap strategi yang akan digunakan. Dengan menggunakan metode SOSTAC ini, mendapatkan hasil data bahwa pemasaran menggunakan Instagram dengan metode organik lebih banyak mengundang donatur baru, daripada strategi yang lain.
Kata kunci: strategi pemasaran, SOSTAC, donasi makanan, food waste

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA STARTUP BEEBAGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SITUATION, OBJECTIVES, STRATEGY, TACTICS, ACTION, CONTROL (SOSTAC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIRA ALIFIA RAHMAN
Perorangan
Putra Fajar Alam
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini