PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN PEKERJA LEPAS DENGAN FRAMEWORK LARAVEL UNTUK MEWADAHI PEKERJAAN LEPAS MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA STARTUP NGANGGUR.ID

NUKI PRATAMA

Informasi Dasar

20.04.2592
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nganggur.id adalah Startup yang bergerak pada bidang Freelance E-Commerce yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Nganggur.id berdiri atas dasar tingginya angka Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia dan kesulitan para pekerja lepas dalam manajemen proyek juga merupakan faktor pendukung terbentuknya Nganggur.id. Pengangguran merupakan masalah yang sangat kompleks. Apabila pengangguran tidak segera diatasi maka berpotensi menimbulkan kerawanan sosial dan kemiskinan. Berdasarkan hasil survey tentang pengetahuan konsep pekerjaan lepas, terdapat beberapa masalah yang terjadi dalam pencarian lapangan pekerjaan. Umumnya adalah sulitnya mencari pekerjaan lepas karena hanya mengandalkan proyek dari teman dan kerabat. Selain itu, motivasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah faktor yang tidak bisa dipisahkan dari istilah "pekerja lepas".

Berdasarkan permasalahan di atas, perlu dikembangkan sistem atau aplikasi yang bertujuan untuk membantu para pemberi pekerjaan lepas dan pekerja lepas untuk saling terhubung dalam satu pekerjaan lepas. Aplikasi Layanan Pekerja Lepas merupakan aplikasi yang digunakan untuk mewadahi semua kebutuhan terkait pekerjaan lepas. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pemberi pekerjaan lepas dan pekerja lepas dapat dengan cepat melakukan transaksi pekerjaan lepas, seperti lelang proyek, pemantauan kemajuan proyek, mempermudah komunikasi antara pemberi proyek dan pekerja, dan menjadi sebuah rekening bersama antar semua pihak yang berinteraksi didalamnya. Aplikasi Layanan Pekerja Lepas akan dikembangkan dengan menggunakan framework Laravel dan database MySQL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Extreme Programming. Metode Extreme Programming merupakan metode pengembangan aplikasi yang efisien, cepat, dan fleksibel. Hasil dari Penelitian adalah rancangan aplikasi layanan pekerja lepas yang telah diuji melalui pengujian Scenario Testing untuk mendapatkan nilai persentase keberhasilan fungsi aplikasi. Hasil pengujian mendapatkan nilai 98,86% yang berarti hampir semua tester dapat menggunakan aplikasi dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Extreme Programming dinilai cepat dan tepat pada penelitian ini.

Kata kunci : Tingkat Pengangguran Terbuka, Freelance E-Commerce, Layanan Pekerja Lepas, Extreme Programming, Laravel, MySQL, Scenario Testing.

Subjek

WEB APPLICATION
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN PEKERJA LEPAS DENGAN FRAMEWORK LARAVEL UNTUK MEWADAHI PEKERJAAN LEPAS MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA STARTUP NGANGGUR.ID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUKI PRATAMA
Perorangan
Rahmat Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini