PENGARUH OPTICAL CONCENTRATOR TERHADAP PERFORMA UNDERWATER VISIBLE LIGHT COMMUNICATION MENGGUNAKAN MODULASI PPM

M. SULTHAN SURYO ADFA

Informasi Dasar

20.04.2697
621.382 7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Underwater Visible Light Commnication (UVLC) adalah sistem komunikasi optik yang memanfaatkan cahaya tampak yang dimodulasi untuk mengirimkan data dengan media transmisi berupa air dengan jenis pure water. Media transmisi air laut mempunyai loss propagasi dipengaruhi dari beam extinction coefcients. Hal tersebut, memungkinkan sistem mempunyai loss propagasi yang lebih besar dari sistem VLC. Maka dari itu UVLC membutuhkan optical concentrator yang digunakanan dalam photodetector yang memiliki kualitas lebih baik walau dengan kuantitas yang terbatas. Penelitian ini menganalisis performansi photodetector Positive Intrinsic Negative Photodetector (PIN).

Dalam Tugas Akhir ini menggunakan dua skenario yang dilakukan. Skenario I menganalisis performansi sistem UVLC menggunakan PIN dalam modulasi L-PPM. Skenario II menganalisis performansi dari sistem UVLC menggunakan PIN yang ditambah dengan optical concentrator. Parameter dalam Tugas Akhir ini menggunakan jarak, daya terima,Signal to Noise Ratio (SNR) dan Bit Error Rate (BER).

Dari hasil simulasi yang sudah didapatkan, penambahan optical concentrator memberikan kenaikan 60% terhadap nilai daya terima yang mengakibatkan nilai SNR dan BER menjadi lebih baik daripada tanpa optical concentrator dan nilai dari level PPM sangat mempengaruhi nilai BER, semakin tinggi nilai level modulasi maka nilai BER semakin optimum pada setiap kedalaman.

Kata Kunci : Underwater Visible Light Communication, L-PPM, PIN, Optical Concentrator, Bit Error Rate, Signal to Noise Ratio, Daya Terima

Subjek

OPTICAL COMMUNICATION
 

Katalog

PENGARUH OPTICAL CONCENTRATOR TERHADAP PERFORMA UNDERWATER VISIBLE LIGHT COMMUNICATION MENGGUNAKAN MODULASI PPM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. SULTHAN SURYO ADFA
Perorangan
AKHMAD HAMBALI, RIZKY SATRIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini