PENGARUH PENERAPAN ABSENSI FINGERPRINT TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PT. SINGGAR MULIA-BROWN&ROOT UNIT DURI)

INTANIA FERNIDELLA SALMAN

Informasi Dasar

20.04.2981
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Singgar Mulia-Brown&Root Unit Duri-Riau merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa. PT. Singgar Mulia-Brown&Root Unit Duri-Riau melakukan inovasi digital berupa absensi yang semula dilakukan secara manual menjadi digital yaitu absensi fingerprint atau sidik jari. Dalam mengoptimalkan kinerja karyawan dapat dilakukan dengan meningkatkan kedisiplinan kerja karyawan dengan menggunakan absensi fingerprint untuk mengontrol kehadiran karyawan agar tidak dapat dimanipulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerapan absensi fingerprint, tingkat disiplin kerja karyawan, serta pengaruh absensi fingerprint terhadap disiplin kerja karyawan Pada PT. Singgar Mulia-Brown&Root Unit Duri-Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kuesioner skala 5 likert sebagai alat pengambilan data dengan sampel 256 responden. Pada penelitian ini, teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan absensi fingerprint termasuk dalam kategori sangat efektif dengan persetase 84,67% dan disiplin kerja karyawan termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 82,29%. Hal ni menunjukkan bahwa penerapan absensi fingerprint berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja karyawan PT. Singgar Mulia-Brown&Root Unit Duri-Riau dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,3956% atau 39,56%. Perusahaan sebaiknya selalu memperhatikan sistem dari absensi fingerprint agar tetap optimal dalam melakukan proses absensi karyawan. Perusahaan harus memberikan sanksi tegas kepada karyawan yang masih melakukan pelanggaran dalam kedisiplinan kerja yaitu datang dan pulang yang tidak sesuai dengan jam kerja perusahaan.

Subjek

Management - human resource
 

Katalog

PENGARUH PENERAPAN ABSENSI FINGERPRINT TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PT. SINGGAR MULIA-BROWN&ROOT UNIT DURI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INTANIA FERNIDELLA SALMAN
Perorangan
RATRI WAHYUNINTYAS
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini