Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Puskesmas Bojongsoang

FADILLAH RACHMASARI

Informasi Dasar

20.04.3024
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemimpin mempunyai peranan penting dalam mencapai keberhasilan organisasi. Dalam memimpin organisasi, pemimpin memiliki cara/gaya nya sendiri dalam menjalankan sebuah organisasi. Gaya kepemimpinan ini memiliki pengaruh terhadap motivasi kerja bawahan dan efektivitas layanan organisasi terhadap kebutuhan masyarakat. Puskesmas Bojongsoang merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggakarakan upaya kesehatan masyarakat. Sehingga pemimpin memiliki pernanan penting dalam membangun motivasi kerja karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja karyawan Puskesmas Bojongsoang.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner yang disebarkan kepada 32 responden yang merupakan karyawan Puskesmas Bojongsoang. Pengambilan sampling menggunakan metode sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan untuk menginterpretasikan hasil penelitian adalah teknik analisis deskkriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS ver 22.

Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif mengenai variabel gaya kepemimpinan dan variabel motivasi kerja termasuk kedalam kategori baik. Hasil analisis uji hipotesis secara parsial (uji t) didapat bahwa variabel gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja karyawan sebesar 60,8% dan sisanya 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kesimpulan penelitian ini adalah gaya kepemimpinan dan motivasi kerja karyawan berada dalam kategori baik, terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan tehrdapa motivasi kerja karyawan Puskesmas Bojongsoang.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Direktif, Gaya Kepemimpinan Suportif, Gaya Kepemimpinan Partisipasif, Gaya Kepemimpina Berorientasi Prestasi, Motivasi Kerja Karyawan.

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Puskesmas Bojongsoang
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADILLAH RACHMASARI
Perorangan
Alini Gilang
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini