PENGARUH PROFITABILITAS (ROA), BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO), FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), NON PERFOMING FINANCE (NPF), TERHADAP CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) (Suatu Studi Pada Bank Umum Syariah)

SALSABILA KHAERANI PUDOLI

Informasi Dasar

20.04.3488
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

perbankan syariah adalah rasio kecukupan modal yang mana rasio yang digunakan dalam penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio (CAR). CAR digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam kecukupan pengelolaan permodalan meliputi evaluasi terhadap kecukupan modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Profitabilitas (ROA), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Finance (NPF) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) pada Bank Umum Syariah dalam periode 2014 – 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perbankan syariah. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sebanyak dua belas bank syariah. Data sekunder diambil berupa laporan keuangan bank dimulai dari tahun 2014 hingga tahun 2017. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. CAR sebagai variabel dependen, ROA, BOPO, NPF dan FDR sebagai variabel independen. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak Eviews versi 9.5. Hasilnya penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas (ROA), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Finance (NPF) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) pada bank umum syariah yang periode 2014 – 2017. ROA secara parsial memiliki pengaruh yang tidak signifikan bersifat positif terhadap CAR. BOPO dan NPF secara parsial memiliki pengaruh yang tidak signifikan bersifat negatif terhadap CAR. FDR secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan bersifat negatif terhadap CAR. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka apabila perbakan syariah menginginkan untuk meningkatkan permodalan, maka perbankan syariah perlu menaikkan Return On Asset (ROA)

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS (ROA), BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO), FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), NON PERFOMING FINANCE (NPF), TERHADAP CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) (Suatu Studi Pada Bank Umum Syariah)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILA KHAERANI PUDOLI
Perorangan
DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini