PENGEMBANGAN MOTIF BATIK KANAKA DENGAN TEKNIK SURFACE TEXTIILE DESIGN UNTUK SERAGAM PPI ISHIKAWA JEPANG

HAFIZA APRILIA

Informasi Dasar

20.04.3563
646.407 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PPI Ishikawa, Jepang memiliki seragam berupa jaket, namun seragam ini belum memiliki identitas visual Indonesia yang kuat di dalamnya. Adapun Batik Kanaka yang menjadi pemenang dalam sayembara desain batik yang diadakan oleh PPI Ishikawa, Jepang untuk dijadikan seragam belum direalisasikan karena kesulitan memproduksi batik tersebut. Oleh karena itu tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk merancang seragam PPI Ishikawa, Jepang dengan mengaplikasikan motif Batik Kanaka yang telah dikembangkan dengan teknik surface textile design.

Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan mengumpulkan data dari observasi, studi literatur, wawancara dan eksperimen yang terkait dengan seragam, Batik Kanaka dan PPI Ishikawa, Jepang. Kemudian melakukan eksplorasi dari tahap awal hingga akhir dengan membuat stilasi, komposisi dan pewarnaan.

Hasil dari eksplorasi ini ialah terdapat tiga motif terpilih pengembangan motif Batik Kanaka dengan mempertahankan karakter batik yang dibuat dengan canting dan detail dari penggunaan unsur titik dan garis, menggunakan komposisi single motif berupa blow up single pattern, dan penggunaan warna-warna yang lembut. Motif-motif ini diterapkan pada material kain dengan teknik digital printing dan bordir. Kemudian salah satu motif diaplikasikan pada seragam berupa jaket yang terinspirasi dari Jaket Sukajan.

Kata kunci: Batik Kanaka, motif, PPI Ishikawa, Jepang, seragam

Subjek

PATTERN DESIGN
 

Katalog

PENGEMBANGAN MOTIF BATIK KANAKA DENGAN TEKNIK SURFACE TEXTIILE DESIGN UNTUK SERAGAM PPI ISHIKAWA JEPANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAFIZA APRILIA
Perorangan
MORINTA ROSANDINI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini