PENGEMBANGAN SISTEM GREEN PRODUCTION BERBASIS ERP MENGGUNAKAN APLIKASI ODOO DENGAN METODE SAP ACTIVATE PADA INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT (STUDI KASUS: PT. ELCO INDONESIA SEJAHTERA)

IHWANUL IKHSAN

Informasi Dasar

20.04.3622
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri pengolahan kulit mengalami kenaikan sebanyak 4,07 persen pada tahun 2018 dibanding pada tahun sebelumnya. Hal ini dirasakan oleh PT. Elco Indonesia Sejahtera yaitu salah satu perusahaan penyamakan kulit terbesar di Garut yang menghasilkan produk jadi kulit hasil penyamakan yang digunakan untuk produksi garment, gloves, dan aneka kerajinan kulit lainnya.
Akan tetapi dari kenaikan industri kulit menimbulkan beberapa kesulitan pada PT. Elco Indonesia Sejahtera dalam menjalankan proses bisnis. Hal ini dikarenakan secara keseluruhan proses bisnis pada PT. Elco Indonesia Sejahtera masih menggunakan metode konvensional sehingga proses produksi yang dijalankan kurang efektif dan efisien. Selain itu proses produksi penyamakan kulit pada PT. Selain itu PT. Elco Indonesia Sejahtera juga mengalami kesulitan dalam monitoring proses produksi sesuai dengan konsep green industry seperti kesulitan dalam monitoring penggunaan energi, penggunaan bahan kimia , dan limbah yang dihasilkan. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan sebuah sistem ERP yang terintegrasi menggunakan modul manufacturing dengan konsep green production untuk memonitoring proses produksi yang ramah lingkungan. Pengembangan sistem ini menggunakan aplikasi Odoo dengan metode SAP Activate. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem ERP terintegrasi dalam proses produksi yang dapat mencakup semua proses produksi pada PT. Elco Indonesia Sejahtera dan dapat memonitoring proses produksi yang ramah lingkungan sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses produksi.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM GREEN PRODUCTION BERBASIS ERP MENGGUNAKAN APLIKASI ODOO DENGAN METODE SAP ACTIVATE PADA INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT (STUDI KASUS: PT. ELCO INDONESIA SEJAHTERA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IHWANUL IKHSAN
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Muhardi Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini