SISTEM PEMANTAUAN LEVEL AIR PARIT PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

FADHIL REZA MAULANA

Informasi Dasar

20.04.3700
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkebunan kelapa sawit merupakah salah satu industri yang menopang perekonomian makro di Indonesia. Kestabilan level air parit untuk perkebunan kelapa sawit menjadi salah satu hal penting terhadap keberlangsungan industri ini. Guna menghasilkan produksi kelapa sawit yang berkualitas baik, maka sistem pengairan perkebunan kelapa sawit memerlukan pengendalian level air pada paritparit untuk mengairi tanaman kelapa sawit. Akan tetapi dari aspek pengukuran dan pengendalian level air masih dilakukan secara manual oleh petugas dilapangan dengan penggaris ukur. Berdasarkan hal tersebut maka dibuat sistem pemantauan level air parit yang dapat di monitor melalui dashboard secara real time.

Pada Tugas Akhir ini akan dibuat suatu implementasi sistem pemantauan level air parit dari jarak jauh dalam bentuk protoype dengan teknologi Long Range (LoRa). Dalam pembuatan sistem ini digunakan mikrokontroler sebagai pengolah data dari sensor ultrasonik yang digunakan untuk mengukur level air parit. Data yang tersimpan pada mikrokontroler akan dikirimkan ke pusat kontrol menggunakan LoRa baik dari pihak pengirim maupun penerima. Data yang sudah terkirim kemudian akan ditampilkan pada sebuah dashboard di pusat. Pada sistem ini akan dilakukan pengujian seperti tingkat akurasi permintaan berhasil, sensor error dan besar delay pada sistem ini.

Hasil pengujian terhadap sistem ini didapatkan tingkat akurasi pengiriman dalam ruangan kondisi Line of Sight (LOS) dengan persentase 98,8 % untuk node sensor pertama dan 99,7 % untuk node sensor kedua, dan untuk pengujian luar runagan dengan kondisi Non Line of Sight (NLOS) dengan persentase 87,6 % untuk node sensor pertama dan 94,7 % untuk node sensor kedua. Untuk pengujian sensor error, sensor ultrasonik ini memiliki tingkat akurasi pembacaan sebesar satu centimeter. Untuk pengujian delay, rata-rata delay pada master 0,58 sekon, delay antara master dengan mikrokontroler 0,21735 sekon, delay antara master dengan mikrokontroler terhadap jarak 0,2175 sekon dan delay pada mikrokontroler 0,1194 sekon

Subjek

TELECOMMUNICATION
 

Katalog

SISTEM PEMANTAUAN LEVEL AIR PARIT PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADHIL REZA MAULANA
Perorangan
Basuki Rahmat, Nur Andini
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini