Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Kelompok Generasi-Y (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia International)

AYASHA FARICA MEIDINA

Informasi Dasar

20.04.3841
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitain ini dilakukan di PT. Telekomunikasi Indonesia Internasional (TELIN) dengan sampel kelompok Generasi-Y atau yang biasa disebut dengan Generasi Millennials. Saat ini generasi millennials mendominasi dunia kerja. Namun dengan karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya yaitu generasi-X atau generasi Baby Boomers, Generasi Millennials ini memiliki karakteristik yang cukup unik di dunia kerja. Karakteristik inilah yang mendorong perusahaan untuk beradaptasi terhadap pola perilaku generasi karyawan muda ini. Kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kinerja merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena memberikan pengaruh terhadap perusahaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kinerja karyawan pada kelompok generasi Y di TELIN serta pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan pada kelompok generasi Y tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang memerlukan pengambilan sampel data dari orang-orang yang terlibat dalam penelitian ini. Peneltian ini adalah penelitian deskriptif dan kausal. Teknik pengumpulan data primer dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Sampel terpilih sebanyak 122 karyawan kelompok generasi Y PT. TELIN dengan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis parsial (uji T), uji hipotesis simultan (uji F) dan analisis regresi linier berganda serta uji koefisien determinasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kepuasan kerja berada pada kategori tinggi, komitmen organisasional berada pada kategori cukup, dan kinerja karyawan berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan variabel kepuasan kerja maupun komitmen organisasional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara pengujian hipotesis simultan dengan uji F menunjukan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Besarnya pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan kelompok generasi Y di PT. TELIN adalah sebesar 70,9% dan sisanya 29,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Para atasan karyawan generasi Y harus mampu menjadi sosok pendengar dan komunikatif bagi karyawannya, karena para generasi Y sangat aktif dalam bersosialisasi dalam sosial media dan dunia pekerjaan. Mereka akan sangat termotivasi jika diberikan kesempatan untuk berbicara dan diakomodasikan ide-idenya oleh perusahaan. PT. TELIN diantara dengan membuat dan memberikan program pelatihan design thinking, mengadakan program atau ajang kreatifitas dan inovasi di TELIN dengan reward yang menarik.

Kata kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Kinerja Karyawan, Generasi-Y

Subjek

CORPORATE MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Kelompok Generasi-Y (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia International)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYASHA FARICA MEIDINA
Perorangan
Ary Ferdian
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini