PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK MONITORING PELAKSANAAN PEMELIHARAAN JALAN MENGGUNAKAN FOSSGIS

NAUFAL MAHMUDI

Informasi Dasar

20.04.3938
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bandung sub bidang pemeliharaan jalan merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan yang memiliki tanggung jawab dalam merealisasikan kegiatan pemeliharaan jalan untuk meningkatkan sasaran DPUPR terkait kemantapan dan kenyamanan jalan. Ketidakstabilan kondisi jalan yang mengarah pada peningkatan kerusakan jalan daerah di kabupaten bandung, merupakan salah satu bentuk permasalahan yang diakibatkan oleh lemahnya proses pengawasan pelaksanaan pemeliharaan jalan.

Penelitian ini fokus terhadap proses monitoring pelaksanaan pemeliharaan jalan, sehingga diperlukan identifikasi lebih lanjut terkait perbaikan terhadap proses bisnis monitoring yang sedang berlangsung untuk menjaga kestabilan kondisi jalan yang mantap dan meningkatkan sasaran pekerjaan DPUPR. Perbaikan proses tersebut mengarah pada proses pelaporan yang bersifat near real time (NRT) dan pengelolaan data monitoring secara efisien dalam sistem. Untuk menangani permasalahan sistem monitoring yang identik dengan kebutuhan data geospasial, maka dilakukan pengembangan sistem melalui pendekatan alternatif menggunakan kerangka Free Open Source and Software for GIS (FOSSGIS). Dengan demikian, dilakukan perancangan dan pembangunan aplikasi sistem informasi geografis untuk monitoring pelaksanaan pemeliharaan jalan berbasis web melalui pendekatan perancangan berorientasi objek.

Berdasarkan hasil pengembangan dan pengujian sistem menurut variabel penilaian terkait kejelasan visual, konsistensi, dan keefektivan aplikasi memiliki nilai cukup baik untuk dioperasikan. Kemampuan aplikasi dapat menjadi alternatif dalam mengatasi permasalahan monitoring. Meskipun pada aplikasi versi pertama tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan, hal itu menjadi dasar pertimbangan untuk dilakukan perbaikan aplikasi kedepannya.

Subjek

GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK MONITORING PELAKSANAAN PEMELIHARAAN JALAN MENGGUNAKAN FOSSGIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL MAHMUDI
Perorangan
Ika Arum Puspita, Rayinda P. Soesanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4B4 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI + BASIS DATA
  • IEH4N3 - SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
  • IEI5J3 - SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini