PERANCANGAN DASHBOARD MONITORING DAN CONTROLLING UNTUK PENGUKURAN PERFORMANSI PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE MANAGEMENT (STUDI KASUS DI PT PADINA BARAYA JAYA)

GILANG ANUGRAH FAJRI

Informasi Dasar

20.04.3964
658.404
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kurangnya kegiatan monitoring dan controlling pada saat pelaksanaan proyek engineering-manufaktur di PT Padina Baraya Jaya merupakan faktor yang mempengaruhi timbulnya risiko keterlambatan dan over cost. Untuk mengatasi hal tersebut, maka digunakan metode Earned Value Management (EVM). EVM digunakan untuk menganalisa kinerja proyek serta memprediksi biaya dan waktu berakhirnya pelaksanaan proyek. Pada penelitian ini didapatkan nilai performansi kinerja proyek pada minggu ke-7 berada pada status poor, dengan nilai CPI dan SPI proyek masing-masing sebesar 0,99 dan 0,98. Kedua nilai tersebut mengidentifikasikan kinerja pelaksanaan proyek belum sesuai dengan yang direncanakan. Kemudian dari hasil perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek (EAC) adalah sebesar Rp 123.945.928, nilai EAC menunjukkan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek berdasarkan CPI saat ini meningkat dari anggaran yang telah direncanakan yaitu sebesar Rp 122.177.399, sedangkan estimasi durasi proyek terdapat penambahan selama satu hari sehingga total penyelesaian proyek yang dibutuhkan menjadi 60 hari kalender proyek. Berdasarkan hasil kinerja proyek tersebut maka dilakukan perancangan sistem informasi berbentuk dashboard dengan metode EVM. Dengan usulan perancangan sistem informasi yang diberikan, maka proses monitoring dan controlling dapat dilakukan secara tepat, mengurangi risiko ketidaktelitian, dan mampu menampilkan informasi kinerja proyek secara real-time sehingga nantinya dapat dilakukan tindakan korektif dengan cepat untuk meminimalisir kendala yang terjadi. Kata kunci: Monitoring dan Controlling, Earned Value Management, CPI, SPI, EAC, Analisa Kinerja, Sistem Informasi, Dashboard.

Subjek

PROJECT MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN DASHBOARD MONITORING DAN CONTROLLING UNTUK PENGUKURAN PERFORMANSI PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE MANAGEMENT (STUDI KASUS DI PT PADINA BARAYA JAYA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GILANG ANUGRAH FAJRI
Perorangan
Devi Pratami, Maria Dellarosawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini