PENGUKURAN KELAYAKAN TEKNOLOGI GPON (GIGABIT PASSIVE APTICAL NETWORK) PADA RUMAH PINTAR DI DAERAH SLIPI

Ineke Sekarningsih

Informasi Dasar

ITTJ.13140019.433
004.6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Di era globalisasi saat ini, rumah pintar merupakan pengembangan baru dalam hal otomatisasi perangkat yang disertai sensor-sensor sebagai pendukung perangkat pintar. Konsep dasar rumah pintar adalah penggunaan hub sebagai komponen utama di dalam rumah pintar dengan didukung oleh protokol komunikasi, seperti ZigBee. Tujuan dari rumah pintar, yaitu penghuni rumah dapat meningkatkan keamanan, mendapatkan kenyamanan, serta memanfaatkan penghematan energi listrik.

Tujuan dari proyek akhir ini adalah pengukuran implementasi rumah pintar, serta pengukuran dan perhitungan power link budget. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi literatur, observasi langsung, dan data survey. Metodologi penelitian tersebut sangat membantu dalam proses mengimplementasikan rumah pintar.

Pada proyek akhir ini, penulis mengimplementasikan rumah pintar yang berada di laboratorium Instalasi Kabel Rumah (IKR) dan rumah pintar. Pengimplementasian dimulai dari pengumpulan data, seperti denah rumah, perangkat pintar yang digunakan di dalam rumah pintar, spesifikasi perangkat pintar dan fasilitas-fasilitas yang terdapat di rumah pintar. Kemudian penulis mengukur level daya terima optik dan mengukur performansi perangkat pintar.

Hasil perhitungan level daya terima downstream, yaitu -25,1097 dBm pada ONT 1 dan -25,1078 dBm pada ONT 2, sedangkan pada hasil pengukuran level daya terima downstream menggunakan alat OPM (Optical Power Meter), yaitu -23,21 dBm pada ONT 1 dan -23,22 dBm pada ONT 2. Hasil-hasil tersebut lebih rendah dari standar ITU-T G-984, yaitu maksimal -28 dBm, sehingga hasil-hasil level daya terima yang didapatkan tergolong sesuai standar kelayakan power link budget. Perangkat-perangkat pintar yang telah diuji telah bekerja dengan baik dan layak digunakan.

Subjek

#N/A
 

Katalog

PENGUKURAN KELAYAKAN TEKNOLOGI GPON (GIGABIT PASSIVE APTICAL NETWORK) PADA RUMAH PINTAR DI DAERAH SLIPI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ineke Sekarningsih
Perorangan
Yus Natali
 

Penerbit

Institut Teknologi Telkom Jakarta
Jakarta
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini