ANALISA KUALITAS JARINGAN LOKAL AKSES FIBER OPTIK DARI OLT KE ONT DENGAN METODE PENGUKURAN LINK BUDGET MENGGUNAKAN OPTICAL POWER METER (OPM)

Sartika Aprillia

Informasi Dasar

ITTJ.11120082.507
621
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Jaringan Lokal Akses Fiber (FTTx) merupakan media transmisi yang banyak digunakan untuk jaringan local. Konfigurasi FFTx mengacu kepada standar Telkom Indonesia sehingga kaidah-kaidah pada serat optik untuk media transmisi lokal juga mengacu kepada beberapa macam rugi-rugi seperti rugi-rugi penyerapan, rugi-rugi penyambungan, rugi rugi bending, rugi rugi pasive splitter dan rugi-rugi konektor dll. Pengujian jaringan dilakukan pada panjang gelombang ?= 1310 nm dan ?=1550 nm., dengan menggunakan alat ukur OPM (Optical Power Meter). Pengukuran dilakukan pada power link budget dan rise time budget dengan ketentuan standar KPI (Key Performance Indicator) yaitu untuk power link budget sebesar ?– 4 dBm dan rise time budget ?70 ps. Hasil pengukuran link jaringan diperoleh nilai power link budet rata-rata sebesar -0,33 dBm dan rise time budget rata-rata sebesar 45,76 Ps, yang mengindikasikan seluruh link yang telah dibangun memiliki kinerja yang baik dan sesuai dengan standar minimal yang diinginkan, yaitu Loss Total yang di rekomendasikan adalah -28 dB untuk mencapai unjuk kerja pada detektor optik

Subjek

#N/A
 

Katalog

ANALISA KUALITAS JARINGAN LOKAL AKSES FIBER OPTIK DARI OLT KE ONT DENGAN METODE PENGUKURAN LINK BUDGET MENGGUNAKAN OPTICAL POWER METER (OPM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sartika Aprillia
Perorangan
M Tamsil Hariri
 

Penerbit

Institut Teknologi Telkom Jakarta
Jakarta
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini