RANCANG BANGUN ALAT ELEKTROLISIS AIR MINERAL DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEMILIHAN NILAI PH SECARA OTOMATIS - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AHMAD ZIQRI LANGNEGARA

Informasi Dasar

23.04.7504
537
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Air merupakan kebutuhan sehari hari bagi makhluk hidup. Pentingnya air bagi makhluk hidup dapat dilihat dari kualitas air yang di konsumsi. Air mempunyai kadar pH netral yang biasa dikonsumsi sebagai air mineral, akan tetapi terdapat kadar pH basa yang dikonsumsi untuk kesehatan dan biasa disebut sebagai air alkali. Beredarnya alat penghasil air alkali yang dijual di pasaran dengan berbagai merek dari harga yang murah hingga relatif mahal, maka peneliti melakukan penelitian berupa sebuah alat penghasil air alkali otomatis dengan adanya pemilihan kadar pH 8,0 dan 8,5.
Pada sistem catu daya pembuatan air alkali ini menggunakan Power Suplay 24 VDC sebagai pengubah tegangan satu fasa dari input PLN 220 VAC. Setelah tegangan diubah menggunakan Power Suplay akan melewati Relay sebagai pemutus tegangan, lalu tegangan yang sudah diturunkan digunakan sebagai output tegangan ke dalam proses elektrolisis air.
Pada penelitian pembuatan alat penghasil air alkali menggunakan beberapa komponen yaitu catu daya menggunakan Power Suplay 24 VDC dan relay, serta mikrokontroler menggunakan Arduino Uno. Dalam memonitoring alat ini akan menggunakan sensor pH dan LCD sebagai output display dari sensor pH. Hasil dari penelitian ini dapat memilih kadar pH yang diinginkan dan ketika sudah mencapai kadar pH yang diinginkan dapat mematikan sistem secara otomatis. Serta menganalisis kenaikan pH air setiap 10 menit sekali selama proses elektrolisis berlangsung, hasil analisis kenaikan rata - rata setiap 10 menit dari pH 7 menuju 8 sebesar 0,125 dan waktu 70 menit, dari pH 7 menuju 8,5 sebesar 0,1 dan waktu 140 menit, dan dari pH 8 menuju 8,5 sebesar 0,063 dan waktu 70 menit.

Subjek

ELEKTRONIKA
 

Katalog

RANCANG BANGUN ALAT ELEKTROLISIS AIR MINERAL DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEMILIHAN NILAI PH SECARA OTOMATIS - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii,57p.: il,; pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD ZIQRI LANGNEGARA
Perorangan
Brahmantya Aji Pramudita, Ekki Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TEI2B4 - ELEKTRONIKA A

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini