Pengaruh Whistleblowing System Dan Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan (Fraud) (Studi Kasus Pada PT Bank Tabungan Negara Cabang Bumi Serpong Damai, Tanggerang Selatan) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

M. GILBRAN ANSYARI SARAGIH

Informasi Dasar

24.04.033
353.46
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan berkembangnya perekonomian dunia yang semakin kompleks, praktik kejahatan dalam bentuk kecurangan (fraud) juga ikut berkembang. Setiap negara memiliki praktik kecurangan yang berbeda-beda karena hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi hukum tiap negara tersebut. Kecurangan adalah praktik pemanfataan posisi individu untuk menguntungkan suatu pihak tertentu dengan cara illegal dan disengaja. Sektor perbankan merupakan salah satu sektor yang banyak terjadi praktik kecurangan. Hal tersebut dikarenakan secara keseluruhan kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh masyarakat tidak terlepas dari dunia perbankan. Salah satu Tindakan kecurangan yang cukup menarik perhatian adalah kredit fiktif. Terdapat beberapa hal yang memungkinkan untuk dapat menekan praktik kecurangan diantaranya whistleblowing system dan pengendalian internal.

Pada penelitian ini akan dilakukan analisis mengenai Pengaruh Whistleblowing System dan Pengendalian Internal terhadap Pencegahan Kecurangan pada PT Bank Tabungan Negara Cabang Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tujuan penelitian yang bersifat deskriptif. Waktu pelaksanaan penelitian ini merupakan cross sectional. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Populasi dan sampel penelitian bersumber dari pegawai kantor Bank Tabungan Negara Tbk, Kantor Cabang Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa whistleblowing system dan pengendalian internal berpengaruh positif terhadap pencegahan kecurangan. Dari hasil penelitian tersebut perusahaan perlu mempertahankan whistleblowing system dan pengendalian internal perusahaan untuk dapat mencegah terjadinya kecurangan dalam perusahaan.

Kata Kunci: Whistleblowing System; Pengendalian Internal; Kecurangan

Subjek

FRAUD
WHISTLE BLOWING,

Katalog

Pengaruh Whistleblowing System Dan Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan (Fraud) (Studi Kasus Pada PT Bank Tabungan Negara Cabang Bumi Serpong Damai, Tanggerang Selatan) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. GILBRAN ANSYARI SARAGIH
Perorangan
Wahdan Arum Inawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4233 - FRAUDULENCE FINANCIAL REPORTING
  • EAI3143 - MANAJEMEN RISIKO
  • EAI333 - SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini