PENGARUH PROFITABILITAS, FREE CASH FLOW DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

JUNERO ABELIO

Informasi Dasar

24.04.048
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai Perusahaan memiliki arti penting bagi investor karena mencerminkan seberapa berharganya investasi dalam perusahaan. Bagi investor, nilai perusahaan menggambarkan sejauh mana investasi yang mereka dapat menghasilkan keuntungan. 

Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu profitabilitas,  free cash flow dan investment opportunity set. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh profitabilitas, free cash flow dan investment opportunity set terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. 

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 6 perusahaan dalam periode penelitian 5 tahun, sehingga diperoleh  30 total sampel penelitian. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif dengan metode analisis regresi data panel. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas, free cash flow dan investment opportunity set berpengaruh secara simultan terhadap manajemen laba. Secara parsial profitabilitas dan free cash flow berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan sedangkan investment opportunity set berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. 

Saran yang diperoleh dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu, bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel yang diduga faktor penentu nilai perusahaan, menggunakan perusahaan lain sebagai objek penelitian serta menambah periode penelitian. Bagi perusahaan, disarankan lebih memperhatikan free cash flow dan investment opportunity setsehingga perusahaan dapat menarik investor dalam menanamkan modalnya diperusahaan. Bagi investor, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi tambahan bagi calon investor dalam mempertimbangkan faktor – fakor yang dapat meningkatkan nilai perusahaan. 

Kata kunci: free cash flow, investment opportunity set, profitabilitas, nilai perusahaan.

Subjek

AKUNTANSI
PROFITABILITY,

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, FREE CASH FLOW DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JUNERO ABELIO
Perorangan
Dwi Urip Wardoyo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini