PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION DAN E-CUSTOMER LOYALTY PADA PENGGUNA LAYANAN BUKALAPAK - Dalam bentuk buku karya ilmiah

BRAJA AGENG PAMEKAS

Informasi Dasar

24.04.063
381.33
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi internet yang pesat membantu masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya. Internet dan alat elektronik adalah salah satu perkembangan teknologi yang memudahkan komunikasi untuk lebih cepat dan praktis di seluruh penjuru dunia. Internet memberikan inovasi dalam digitalisasi proses jual beli produk, salah satu wadahnya adalah E-commerce. Perkembangan E-commerce dapat dilihat dengan besarnya pengguna dan persaingan E-commerce di Indonesia. Bukalapak memiliki daya saing yang belum cukup baik dibandingkan kompetitornya.

Tujuan dari penelitian ini bertujuan guna mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh E-service quality terhadap E-customer satisfaction dan E-customer loyalty pada pengguna layanan Bukalapak. E-service quality dalam penelitian ini memiliki dimensi yang terdiri dari efficiency, system availability, fulfilment, dan privacy. Selain meneliti pengaruhnya penelitian ini mengungkap perspektif pengguna terhadap E-service quality, E-customer satisfaction, dan E-customer loyalty pada layanan Bukalapak.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan metode kuantitatif serta jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Data dihimpun dengan teknik penyebaran kuesioner kepada 385 responden menerapkan metode Non-Probability Sampling, selanjutnya data diolah menerapkan teknik analisis deskriptif serta analisis linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya E-service quality berpengaruh secara signifikan terhadap E-customer satisfaction dan E-customer loyalty, serta ditemukan hasil yang menunjukkan jika variabel E-service quality (X1) memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap E-customer satisfaction (Y1) dan E-customer loyalty (Y2) pada pengguna layanan Bukalapak.

Hasil penelitian ini sangat diharapkan dapat dijadikan evaluasi terhadap E-commerce Bukalapak dalam meningkatkan E-service quality. Selain itu, penelitian ini dapat masukan untuk meningkatkan jumlah pengguna Bukalapak dan menjadi pengetahuan untuk konteks E-commerce.

Subjek

Skripsi
SERVICE QUALITY,

Katalog

PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION DAN E-CUSTOMER LOYALTY PADA PENGGUNA LAYANAN BUKALAPAK - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BRAJA AGENG PAMEKAS
Perorangan
Tarandhika Tantra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SM692044 - INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini