ANALISIS PERFORMA METODE SLOT DAN PERIPHERAL SLITS PADA ANTENA MIKROSTRIP PATCH SEGIEMPAT - Dalam bentuk pengganti sidang - Rancangan Karya Akhir

YUSUF EKA SAPUTRA

Informasi Dasar

24.04.162
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

     Perkembangan zaman saat ini membuat manusia memerlukan teknologi komunikasi untuk saling bertukar informasi dimana saja, kapan saja, secara cepat dan mudah dengan semua orang. Sistem komunikasi sering menggunakan sebuah teknologi telekomunikasi yang di gunakan sebagai alat pemancar dan penerima sebuah sinyal yaitu antena. Antena mikrostrip merupakan salah satu jenis antena yang banyak dikembangkan saat ini karena memiliki banyak keunggulan, seperti ukuran yang kecil, bobot yang ringan, biaya produksi yang rendah, dan fabrikasi yang mudah. Kebutuhan akan antena dengan performa yang semakin bagus menjadi sebuah tantangan dalam perkembangan teknologi komunikasi nirkabel.


     Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan performa antena mikrostrip dari penerapan antara metode slot dan peripheral slits dengan ukuran dimensi dan spesifikasi antena yang sama. Frekuensi 5 GHz dipilih karena memiliki beberapa keunggulan, antara lain bandwith yang luas, daya pancar yang tinggi, dan kecepatan transmisi data yang lebih tinggi, serta potensi untuk digunakan pada berbagai aplikasi, seperti komunikasi seluler, wi-fi, dan bluetooth.


     Hasil simulasi dan pengukuran yang telah dilakukan menunjukkan bahwa metode peripheral slits dapat memberikan peningkatan performa yang lebih bagus dibandingkan metode slot. Antena mikrostrip dengan metode peripheral slits mendapatkan nilai return loss, VSWR, dan gain yang lebih bagus. Sedangkan untuk metode slot memberikan peningkatan performa pada sisi bandwidth antena yang semakin besar yaitu 185 MHz.


Kata kunci : Antena Mikrostrip, Slot, Peripheral Slits.
 

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
ANTENNA,

Katalog

ANALISIS PERFORMA METODE SLOT DAN PERIPHERAL SLITS PADA ANTENA MIKROSTRIP PATCH SEGIEMPAT - Dalam bentuk pengganti sidang - Rancangan Karya Akhir
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUSUF EKA SAPUTRA
Perorangan
Levy Olivia Nur, Harfan Hian Ryanu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TTI3K3 - ANTENA DAN PROPAGASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini