RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN LAYANAN JASA ONLINE BERBASIS WEB DENGAN METODE PROTOTYPING (Studi Kasus : PT INP Excellent Service)

Ramadhani Aimmatur Rasyid

Informasi Dasar

24.04.199
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kemudahan mendapatkan informasi dalam perusahaan pelayanan jasa merupakan hal yang sangat penting. Dengan kemudahan mendapatkan informasi layanan jasa perusahaan yang tersedia maka akan membantu proses bisnis perusahaan. Dalam proses bisnisnya PT INPES memiliki masalah dalam memberikan informasi terkait layanan apa saja yang tersedia dan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon klien dalam pengajuan kerja sama. Akibat permasalahan yang timbul tersebut membuat proses bisnis di PT INPES sulit untuk berkembang. Tujuan penelitian ini sendiri adalah untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi berbasis website menggunakan metode pengembangan prototyping yang dimana hasilnya dapat untuk memfasilitasi calon konsumen agar memperoleh informasi terkait layanan yang tersedia dan melacak status pesanan. Bagi PT INPES akan mendapatkan kemudahan informasi dalam hal pengelolaan layanan yang sedang berjalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk mendapatkan informasi dan mengelolanya, lalu mengimplementasikan sistem informasi menggunakan teknologi web dan metode prototyping. Dalam proses pengembanganya akan melalui beberapa proses seperti tahap Communication, Quick Plan, Modeling Quick Design, Construction of Prototype, and Deployment Delivery & Feedback. Tetapi juga akan dibuat Unified Modeling Language (UML) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Perangkat lunak yang akan digunakan dalam proses pengembangan sistem antara lain bahasa pemrograman php, html, css, database MySQL, dan framework laravel serta bootstrap. Proses pengujian pada sistem akan dilakukan 2 kali selama 1 bulan menggunakan black-box testing. Pengujian pertama digunakan untuk menguji fitur yang telah dibuat, dan pengujian kedua digunakan untuk mendapatkan informasi hasil manfaat implementasi kepada PT INPES dari sistem yang sudah dibuat. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pemesanan layanan jasa online berbasis website dan dashboard pengelolaan pesanan untuk staf admin dan klien PT INPES. Yang memiliki fitur untuk memesan layanan, melacak status layanan, memberikan testimoni, dan mencetak informasi riwayat layanan.

Kata Kunci: Sistem Informasi Perusahaan, Metode Prototyping, Layanan Jasa, Black-box Testing, Pendekatan Deskriptif.

Subjek

SISTEM INFORMASI
TA

Katalog

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN LAYANAN JASA ONLINE BERBASIS WEB DENGAN METODE PROTOTYPING (Studi Kasus : PT INP Excellent Service)
TA/FRI.08.2024/84 RAS r
127
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Ramadhani Aimmatur Rasyid
Perorangan
Ully Asfari, S.Kom., M.Kom., Adzanil Rachmadhi Putra, S.Kom., M.Kom.
 

Penerbit

Tel-U Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini