KLASTERISASI PARFUM SEPATU MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS CLUSTERING ( STUDI KASUS PADA PT. AIGAZOLAS)

Andi Tadang Palie

Informasi Dasar

24.04.225
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era sekarang, outfit menjadi salah satu hal penting dalam dunia style. Wangi-wangian mampu menaikkan kepercayaan diri seseorang. Parfum merupakan produk wangi-wangian untuk mengekspresikan diri. Selain itu, sebuah sepatu perlu perawatan seperti pembersihan setelah digunakan dan pemberian parfum agar harum dan terhindar dari bakteri. Parfum sepatu merupakan produk spesifik untuk menghilangkan bau tidak sedap terhadap sepatu. Pemasaran parfum sepatu dilakukan secara onsite dan juga online. Dengan adanya penjualan onsite, para pelanggan dapat mengetahui varian aroma sepatu yang best seller. Hal ini dapat meningkatkan jumlah konsumen berdasarkan alasan tersebut di era sekarang yang serba stylish. Tugas Akhir ini akan melakukan klasterisasi parfum sepatu berdasarkan harga, ukuran, jenis kemasan, dan varian aroma. Pada penelitian sebelumnya algoritma K-Means Clustering digunakan sebagai untuk melakukan klasterisasi. Namun, K-Means memiliki kelemahan dalam kegagalan konvergensi dalam melakukan klasterisasi. Melalui konsep rata-rata yang dimilikinya, algoritma Fuzzy C-Means Clustering (FCM) merupakan perbaikan dari K-Means dengan kemungkinan kegagalan untuk konvergen lebih kecil dibandingkan metode K-Means. Dalam menunjang proses penelitian, dilakukan serangkaian studi literatur, wawancara kepada pihak terkait guna memperoleh data primer parfum sepatu. Selanjutnya data tersebut dilakukan proses klasterisasi dengan menggunakan FCM untuk diidentifikasi kelompok parfum sepatu pada pelanggan dan akan dirancang sebuah website yang merekomendasikan parfum sepatu berdasarkan klasterisasi pelanggan. Dengan adanya Tugas Akhir ini diharapkan para pelanggan dapat mempertimbangkan parfum hasil rekomendasi yang akan dibeli berdasarkan harga, ukuran, jenis kemasan, dan varian aromanya.

Kata Kunci: Parfum sepatu, Data mining, Klasterisasi, Fuzzy C-Means Clustering.

Subjek

TEKNOLOGI INFORMASI
TA

Katalog

KLASTERISASI PARFUM SEPATU MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS CLUSTERING ( STUDI KASUS PADA PT. AIGAZOLAS)
TA/FIF.06.2024/68 PAL k
47
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Andi Tadang Palie
Perorangan
Ardian Wicaksono, S.Kom., M.Kom., Yohanes Setiawan, S.Si., M.Kom.
 

Penerbit

Tel-U Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini