Rekomendasi Perancangan User Interface Aplikasi Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Metode Child Centered Design - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AHMAD FASYA ADILA

Informasi Dasar

24.04.429
511.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pembelajaran Matematika dasar di sekolah seringkali menyebabkan kecemasan dan ketidakfokusan pada siswa. Penggunaan aplikasi pembelajaran yang ada belum memberikan hasil yang memuaskan. Perlu untuk dilakukan perancangan user interface aplikasi pembelajaran Matematika dasar yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Penggunaan metode Child Centered Design dinilai cocok untuk digunakan pada pengembangan user interface aplikasi pembelajaran Matematika dasar yang sesuai dengan karakteristik anak-anak. Pengujian usability dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) dikarenakan alat ukur usability dapat disebut sederhana dan mudah dipahami oleh pengguna. Pengukuran tingkat kecemasan juga dilakukan dengan menggunakan alat ukur Math Anxiety Test. Pengujian dilaksanakan di SDN Kebonsari 1 Tuban dengan siswa kelas 5B sebagai responden. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pengujian aplikasi serupa menggunakan aplikasi pembelajaran bernama “Matematika SD”. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa skor System Usability Scale (SUS) mencapai 85,19, dengan adjective ratings "excellent" dan grade scale B, mengindikasikan peningkatan signifikan dalam tingkat usability aplikasi. Selain itu, skor Math Anxiety Test pada kelompok eksperimen menunjukkan perbaikan yang signifikan berada di skor 16,38 dibandingkan dengan kelompok kontrol mendapatkan skor 34. Ini menandakan bahwa user interface aplikasi pembelajaran Matematika dasar yang dirancang dengan metode Child Centered Design berhasil mengurangi tingkat kecemasan siswa dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
Kata Kunci : Aplikasi Pembelajaran, Child Centered Design, Matematika dasar, Math Anxiety Test, System Usability Scale (SUS), User Interface

Subjek

USER INTERFACE DESIGN
 

Katalog

Rekomendasi Perancangan User Interface Aplikasi Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Metode Child Centered Design - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
INDONSEIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD FASYA ADILA
Perorangan
Anisa Herdiani, Danang Junaedi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • CII4N3 - DESAIN INTERAKSI
  • CII3A3 - INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini