ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS DAN VALUE PROPOSITION CANVAS PADA STARTUP PALALA INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUNA RAHMAWANTI

Informasi Dasar

24.04.486
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada awal perjalanan Palala Indonesia hadir sebagai perusahaan jasa sewa yang beroperasi secara tradisional. Analisis customer journey menunjukan bahwa terdapat kekurangan dalam kinerja atau operasional perusahaan. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan melalui analisis customer satisfaction, serta merancang inovasi melalui Value Proposition Canvas dan Business Model Canvas untuk meningkatkan kualitas layanan Palala Indonesia dan memastikan Palala Indonesia tetap relevan serta kompetitif di pasar yang dinamis.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan cara gabungan atau triangulasi, di mana data dikumpulkan melalui metode observasi, kuesioner, dan wawancara. Responden dalam penelitian ini merupakan pelanggan Palala Indonesia dengan jumlah 103 orang responden.

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap Palala Indonesia cukup tinggi, tetapi masih terdapat kesenjangan antara harapan awal dengan kinerja aktual Palala Indonesia. Maka dari itu analisis Value Proposition Canvas dilakukan untuk menciptakan inovasi dengan mengadopsi teknologi berupa website yang akan digunakan sebagai platform online untuk operasional Palala Indonesia. Setelah inovasi diterapkan, terdapat beberapa perbaikan elemen Business Model Canvas yang dilakukan untuk memastikan kesesuaian model bisnis dengan dinamika pasar yang dinamis. Pada value proposition terbagi menjadi dua dengan menyoroti Palala sebagai platform online bagi pemilik aset dan penyewa untuk pengalaman sewa yang memuaskan. Pembuatan website memperluas channels dan memperkuat customer relationships. Pengelolaan dan pemeliharaan website menjadi salah satu key activities untuk memastikan platform online Palala berjalan secara optimal. Sementara itu cost structure difokuskan pada biaya operasional, pemasaran, teknologi dan pengembangan platform digital. Perubahan ini mencerminkan adaptasi Palala Indonesia untuk meningkatkan nilai perusahaan dalam industri sewa.

Kata Kunci: Business Model Canvas, dan Value Proposition Canvas

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
BUSINESS ANALYTICS,

Katalog

ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS DAN VALUE PROPOSITION CANVAS PADA STARTUP PALALA INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUNA RAHMAWANTI
Perorangan
Yulia Nur Hasanah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KBI4J3 - W. ENTRE - BISNIS STARTUP
  • KBI4W3 - W. ENTRE - VALIDASI MODEL BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini