DEKONSTRUKSI MAKNA CANTIK DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan Rexona Motion Activated “72 Jam Kesegaran Nonstop”) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

DELVIN APRIANDI KUSWARA

Informasi Dasar

24.04.612
401.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kehadiran perempuan dalam iklan kerap kali diposisikan sebagai figur yang tidak terlepas dari konstruksi sterotip yang tidak adil, dimana, kehadirannya dalam iklan hanya dijadikan sebagai daya tarik melalui kecantikan yang dimiliki, namun, pada umumnya, kecantikan yang ditampilkan dalam iklan merupakan standarisasi kecantikan semu yang diciptakan guna meraih keuntungan semata. Seiring perkembangan waktu serta tumbuhnya emansipasi perempuan dalam menyuarakan hak, ide serta aspirasinya, iklan bertransformasi menjadi agen perubahan yang positif bagi perempuan melalui iklan dengan tema femvertising, salah satunya dengan menghadirkan figur perempuan yang berkontradiksi dengan standar kecantikan pada umumnya, di Indonesia, salah satu iklan yang mengusung tema femvertising adalah iklan Rexona, Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dekonstruksi makna cantik yang ditampilkan pada iklan produk Rexona Motion Activated versi "72 Jam Kesegaran Nonstop” tahun 2022 dengan durasi total 30 detik, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dianalisis melalui pendekatan semiotika kode-kode televisi John Fiske yang terdiri dari: Realitas, Representasi, dan Ideologi serta teori dekonstruksi Jacques Derrida yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan terdapat dekonstruksi makna cantik pada iklan yang terlepas dari konstruksi “cantik” semu oleh media serta upaya iklan untuk menghadirkan kecantikan dari dalam (inner beauty) yang selama ini diabaikan oleh media.

Kata Kunci: Iklan, Semiotika, Perempuan, Cantik, Dekonstruksi

Subjek

SEMIOTICS
IKLAN,

Katalog

DEKONSTRUKSI MAKNA CANTIK DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan Rexona Motion Activated “72 Jam Kesegaran Nonstop”) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DELVIN APRIANDI KUSWARA
Perorangan
Freddy Yusanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SK311052 - KOMUNIKASI MASSA
  • KII1K3 - KOMUNIKASI MASSA DAN MEDIA BARU

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini