PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PENGADAAN MATERIAL PROYEK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN PENDEKATAN ENGINEERING TO ORDER MENGGUNAKAN SCOR RACETRACK DAN FAHP - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ALIFFIAN GUSMA HENDRA

Informasi Dasar

24.04.934
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keberhasilan dan kegagalan perusahaan di sektor manufaktur kereta api menjadi sorotan penting bagi pelanggan yang mengharapkan layanan yang handal dan sesuai sasaran. Namun, terkadang realitas kinerja perusahaan tidak selalu sejalan dengan harapan mereka. Evaluasi kinerja perusahaan, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, menjadi aspek yang tak terpisahkan dalam memperbaiki layanan.
Penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan model SCOR Racetrack sebagai panduan untuk mengukur kinerja perusahaan manufaktur kereta api. Fokus pada PT. XYZ yang menerapkan pendekatan Engineer-to-Order (ETO), analisis data pengadaan material mengungkapkan variasi persentase selisih yang perlu mendapat perhatian. Integrasi SCOR Racetrack dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) diusulkan sebagai strategi pengukuran kinerja yang holistik.
Hasilnya menunjukkan bahwa sistem pengukuran kinerja, terutama pada bagian pengadaan, dapat membantu perusahaan mencapai tujuan strategis. Penggunaan SCOR Racetrack dan FAHP menghasilkan sistem pengukuran kinerja yang terintegrasi dengan strategi bisnis. Ini memungkinkan pemantauan dan evaluasi kinerja pengadaan material secara menyeluruh, dengan penekanan pada aspek penting seperti Perfect Order Fulfillment (POF) yang didapat dari akurasi pengiriman barang 91% dan Akurasi Kuantitas pengiriman 90% yang didapat dari perhitungan hasil perncapaian target dan realisasi pengadaan.
Perusahaan direkomendasikan untuk menerapkan rancangan sistem pengukuran kinerja pengadaan yang melibatkan SCOR Racetrack dan Fuzzy AHP. Langkah- langkah seperti pelatihan tim, pemantauan berkala, dan evaluasi proaktif diharapkan dapat meningkatkan POF hingga 81%, memastikan ketepatan dan kualitas pengiriman, serta mencapai hasil optimal dalam konteks manufaktur dengan pendekatan Engineering to Order (ETO).

Kata kunci—SCOR Racetrack, Fuzzy AHP, Kinerja Perusahaan, Pengadaan material, Engineer-to-Order.

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PENGADAAN MATERIAL PROYEK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN PENDEKATAN ENGINEERING TO ORDER MENGGUNAKAN SCOR RACETRACK DAN FAHP - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
INDONSEIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIFFIAN GUSMA HENDRA
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Nia Novitasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini