PERANCANGAN FRONT-END APLIKASI SISTEM ADMINISTRASI BIDAN BERBASIS ANDROID UNTUK WILAYAH KABUPATEN CIREBON - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMAD BAYU MURTI

Informasi Dasar

24.04.967
621.385
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Program digitalisasi sistem administrasi bidan sebagai pola penyederhanaan pengajuan prosedur administrasi dikarenakan sistem yang digunakan merupakan sistem konvensional yang kurang efektif dan efisien disebabkan jarak tempuh dan rentang kendali luasnya wilayah. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem otomatisasi untuk administrasi Ikatan Bidan Indonesia di wilayah Kabupaten Cirebon.

Salah satu metode otomatisasi yang dapat diterapkan yaitu menggunakan aplikasi berbasis android dengan fungsi-fungsi berupa Evaluasi Kinerja, Monitoring Pelayanan, dan Penempatan Bidan. Selain fungsi utama untuk administrasi, terdapat pula fungsi seperti Lokasi Puskesmas dan juga Berita.

Penelitian ini dilakukan pengembangan front-end untuk aplikasi android menggunakan framework React Native. Hasil dari penelitian ini dilakukan pengujian Alpha terkait keberhasilan dari segi tampilan dan perintah pada AIBIC Mobile yang menunjukkan bahwa setiap skenario yang dilakukan pada pengujian terbukti valid dan berjalan dengan semestinya. Pada pengujian Beta dilakukan Uji Validitas dengan menggunakan alat ukur berupa angket yang menunjukan bahwa seluruh butir pertanyaan bernilai valid dan diperoleh nilai r11 sebesar 0,94 pada Uji Reliabilitas, sehingga setiap butir pertanyaan memiliki nilai reliabilitas yang sangat tinggi. Selanjutnya pengujian UAT diperoleh total persentase keseluruhan sebesar 87,61%, dengan persentase tesebut maka hasil dari pengujian UAT menunjukan hasil yang baik.

Kata Kunci: Administrasi, Ikatan Bidan Indonesia, Aplikasi Android, Front-End

Subjek

MOBILE APPLICATION
 

Katalog

PERANCANGAN FRONT-END APLIKASI SISTEM ADMINISTRASI BIDAN BERBASIS ANDROID UNTUK WILAYAH KABUPATEN CIREBON - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD BAYU MURTI
Perorangan
Roswan Latuconsina, Ashri Dinimaharawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TKI3G3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • TKI4A3 - PEMROGRAMAN MOBILE
  • TUI4B2 - PROPOSAL TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini