Sistem Monitoring Infus Berbasis Iot - Dalam bentuk buku karya ilmiah

HAFIZ IHSANUL

Informasi Dasar

24.04.975
600
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 

Penulis mengidentifikasi kendala dalam pemantauan infus oleh petugas kesehatan, terutama karena keterbatasan jumlah tenaga kesehatan dibandingkan jumlah pasien di rumah sakit. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini akan merancang sebuah sistem pemantauan infus berbasis Internet of Things (IoT) agar petugas kesehatan dapat memantau infus secara jarak jauh.

Dalam perancangan alat ini, penulis menggunakan sensor load cell untuk mengidentifikasi berat infus, berdasarkan hukum fisika bahwa berkurangnya berat suatu benda mengindikasikan berkurangnya isi di dalamnya. Alat ini juga dilengkapi dengan notifikasi SMS sebagai pengingat bagi petugas kesehatan, sehingga sistem pemantauan infus dapat berfungsi secara lebih efektif. Sebagai penerima data, sebuah website dirancang agar pengguna dapat dengan mudah mengimplementasikan alat ini sendiri.

IoT dianggap sebagai solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini, selain itu buzzer juga disertakan sebagai pengingat offline jika terjadi kendala, terutama masalah jaringan. Dengan kombinasi teknologi IoT dan notifikasi SMS, alat pemantauan ini diharapkan dapat membantu petugas kesehatan dalam menjalankan tugas mereka.

Kata Kunci: IoT, SMS, Petugas Kesehatan, Load Cell

Subjek

IOT
 

Katalog

Sistem Monitoring Infus Berbasis Iot - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAFIZ IHSANUL
Perorangan
Dharu Arseno, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TTI3I3 - MIKROPROSESOR DAN IOT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini