ROBUST WATERMARKING UNTUK CITRA MEDIS PADA DOMAIN DISCRETE WAVELET TRANSFORM MENGGUNAKAN DEKOMPOSISI MATRIKS DENGAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION - Dalam bentuk buku karya ilmiah

REFSI RESANDY

Informasi Dasar

24.04.997
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknik yang digunakan untuk melindungi hak cipta multimedia yaitu watermarking adalah proses penambahan informasi tambahan pada citra, video, atau audio untuk menjaga keamanan informasi. Citra medis dapat dikategorikan sebagai hak kekayaan intelektual, oleh karena itu perlu adanya perlindungan terhadap hak cipta dengan menggunakan watermark, yang dikenal sebagai copyright watermark. Metode robust watermarking dapat diaplikasikan untuk keperluan copyright karena memiliki sifat yang kokoh terhadap berbagai serangan. Artinya, watermark masih dapat dikenali dan diekstraksi meskipun citra ber-watermark mengalami serangan.

Proses watermarking dapat dilakukan dalam domain spasial atau domain transformasi seperti DCT, DFT, DWT, dan SVD. Tujuan utama dari proses watermarking adalah menyisipkan watermark pada citra host tanpa mengurangi kualitas visual citra asli. DWT merupakan metode yang dapat bekerja pada rentang frekuensi rendah, yang kurang sensitif terhadap perubahan. Namun, metode watermarking berbasis DWT sulit mempertahankan ketahanan terhadap serangan geometri. Oleh karena itu, digunakan dekomposisi matriks seperti SVD dan HD.

Skema robust watermarking harus memiliki imperseptibilitas dan ketahanan yang baik, namun sering terjadi trade-off antara keduanya. Penelitian sebelumnya telah mengusulkan metode watermarking yang mengombinasikan DWT dengan SVD dan HD pada sub-band high-high (HH). Metode ini memiliki imperseptibilitas dan ketahanan yang kuat terhadap berbagai serangan, namun kurang tahan terhadap serangan noise. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diusulkan metode watermarking citra pada domain transformasi DWT dan dekomposisi matriks HD dan SVD pada sub-band LL dengan optimasi Particle Swarm Optimization. Hasil analisis skema watermarking untuk citra medis menunjukkan kualitas imperseptibilitas yang baik dengan nilai PSNR tertinggi 49,8469 dB dan SSIM lebih tinggi dari 0.98. Evaluasi menggunakan parameter NC menunjukan ketahanan skema terhadap serangan noise, kompresi, filter, sharpening dan beberapa serangan geometri seperti rotasi dan rescale.

Kata Kunci: Watermarking, Robust Watermarking, DWT, SVD, HD, PSO.

Subjek

SIGNAL - PROCESSING
 

Katalog

ROBUST WATERMARKING UNTUK CITRA MEDIS PADA DOMAIN DISCRETE WAVELET TRANSFORM MENGGUNAKAN DEKOMPOSISI MATRIKS DENGAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REFSI RESANDY
Perorangan
Rita Purnamasari, Ratri Dwi Atmaja
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TT3113 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini