PERANCANGAN SISTEM MONITORING KUALITAS AIR BERBASIS INTERNET OF THINGS DI DANAU SITU TEKNO MENGGUNAKAN ESP32 - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD HAFIDZ AN NAAFI

Informasi Dasar

24.06.099
004.678
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Danau situ tekno merupakan danau yang berada di Kawasan Telkom University. Danau yang berada di daerah padat penduduk biasanya banyak air yang tercemar. Air merupakan salah satu sumber daya yang penting untuk makhluk hidup. Air yang memiliki kualitas yang baik dapat bermanfaat bagi manusia maupun hewan. Beberapa parameter seperti suhu, pH dan kekeruhan perlu diperhatikan dalam pengujian kualitas air.

Dalam Proyek Akhir ini, membuat aplikasi monitoring kualitas air berbasis mobile dengan menggunakan sensor pH, sensor suhu, dan sensor kekeruhan. System ini juga menggunakan firebase sebagai penerima data secara real time yang dikirimkan melalui mitrokontroller ESP32 yang kemudian data dari sensor suhu, sensor pH, dan sensor kekeruhan akan di tampilkan pada firebase.

Hasil dari pengujian yang telah dilakukan pada Proyek Akhir ini adalah alat yang dirancang dapat mengukur kualitas air di danau Situ Tekno. Mendapatkan hasil berupa nilai suhu 18-23°C, nilai pH sebesar 6-8, dan nilai kekeruhan sebesar 215-305 NTU.

 

Kata Kunci: Internet of Things, kualitas air, esp 32, sensor, danau situ tekno, firebase.

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM MONITORING KUALITAS AIR BERBASIS INTERNET OF THINGS DI DANAU SITU TEKNO MENGGUNAKAN ESP32 - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD HAFIDZ AN NAAFI
Perorangan
Denny Darlis, Aris Hartaman
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini