Perancangan Media Informasi Museum Sejarah Jakarta untuk Pengunjung Anak-anak

SYIFA FAUZIA

Informasi Dasar

14.04.503
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Museum merupakan salah satu tempat untuk mencari informasi subyek sejarah bagi publik, dimana fungsi utama museum untuk kebutuhan studi, edukasi dan rekreasi. Namun fungsi edukasi museum belum berjalan dengan optimal khususnya anak-anak yang berkunjung ke museum sekedar untuk rekreasi semata.

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu penyebab kurang optimalnya fungsi edukasi museum dan menemukan solusi untuk memaksimalkan kegiatan edukasi di museum dengan cara yang tepat dan menyenangkan.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan desain komunikasi visual dan analisis matriks SWOT. Data tersebut akan dianalisis untuk mendapatkan solusi yang sesuai dengan permasalahan yang ada.

Dari analisis tersebut ditemukan penyebab belum optimalnya fungsi edukasi museum yang menyenangkan untuk anak-anak adalah kurangnya inovasi dari media untuk mempelajari seluk beluk dibalik koleksi bersejarah. Menurut analisis matriks SWOT, solusi dari masalah tersebut adalah perancangan media informasi museum yang menunjang pembelajaran anak-anak ketika berkunjung, yakni melalui media buku aktivitas yang dikemas menjadi kumpulan games untuk menyampaikan informasi nilai sejarah tentang koleksi museum.

Kata-kata kunci: Media informasi, museum, pembelajaran, buku aktivitas, dan sejarah Kolonialisme Belanda di Indonesia

Subjek

GRAPHIC DESIGN
 

Katalog

Perancangan Media Informasi Museum Sejarah Jakarta untuk Pengunjung Anak-anak
-
61p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYIFA FAUZIA
Perorangan
Syarip Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini