Pengaruh Fitur Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom

AKHMAD FAISAL

Informasi Dasar

14.04.608
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Fitur Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tanggapan mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis mengenai fitur produk, minat beli smartphone pada di mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom dan seberapa besar pengaruh fitur produk terhadap minat beli smartphone pada mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom. Fitur merupakan alat persaingan untuk membedakan produk perusahaan terhadap produk sejenis yang menjadi pesaingnnya (Tjiptono, 2008:104). Sedangkan, minat beli merupakan tahap kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar dilaksanakan (Kinnear dan Taylor dalam Effendy dan Kunto (2013:3)). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian berupa studi deskriptif dan klausal. Jenis data yang dibutuhkan untuk penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data untuk penelitian adalah kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan jenis accidental sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Kemudian, untuk analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa persamaan regresi adalah Y = 5,196 + 0,221X, dengan nilai a sebesar 5,196 nilai konstan dan nilai regresi atau b adalah sebesar 0,221. Berdasarkan uji hipotesis parsial bahwa fitur produk memiliki pengaruh dan signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan koefisien determinasi parsial, bahwa minat beli mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom dipengaruhi fitur produk sebesar 16,56%. Sementara 83,44% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini, bahwa tanggapan responden mengenai fitur produk termasuk kategori sangat setuju karena fitur produk pada smartphone merupakan salah satu alasan mereka untuk membeli di waktu yang akan datang, namun perusahaan harus terus mempertahankan dan mengembangkan fitur-fitur terbaru kedepannya.

Subjek

CONSUMER PREFERENCES
 

Katalog

Pengaruh Fitur Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKHMAD FAISAL
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini