Pengaruh Pelaksanaan Good Corporate Governance Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012)

RATIH DIAN SURYANI

Informasi Dasar

14.04.641
658.155
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebijakan dividen adalah hal yang penting dalam mendistribusikan keuntungan perusahaan antara dibagikan kepada pemegang saham atau untuk diinvestasikan kembali di perusahaan. Penerapan Good Corporate Governance (GCG) diperlukan untuk melindungi kepentingan pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pelaksanaan GCG terhadap kebijakan dividen baik secara simultan maupun parsial pada perusahaan yang terdaftar di indeks LQ45 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 sampai 2012. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu variabel dependen yaitu kebijakan dividen yang diproksikan dengan Dividend Payout Ratio (DPR), variabel independen yaitu GCG yang diproksikan dengan ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, kepemilikan manajerial serta variabel terikat yaitu Return on Assets (ROA), growth, dan firm size. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi data panel dan menggunakan model Fixed Effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan memberikan pengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Secara parsial ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, kepemilikan manajerial, growth¸dan firm size tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen tetapi untuk ROA menunjukkan terdapat pengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Koefisien determinasi (R2) dalam penelitian ini 55.785%.

Subjek

DIVIDEND POLICY
CORPORATE GOVERNANCE

Katalog

Pengaruh Pelaksanaan Good Corporate Governance Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012)
 
76p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RATIH DIAN SURYANI
Perorangan
Brady Rikumahu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini