PENGARUH LIKUIDITAS SAHAM TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MENGGUNAKAN TRADING TURNOVER (Studi Pada Emiten yang Terdaftar dalam Indeks LQ 45 periode Februari -Agustus 2014)

DWI SAPUTRA

Informasi Dasar

14.04.720
332.632 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Dalam melakukan investasi, investor harus benar-benar menyadari bahwa disamping memperoleh keuntungan mungkin juga akan mengalami kerugian. Analisis saham merupakan hal yang mendasar untuk diketahui oleh para investor mengingat tanpa analisis yang baik dan rasional para investor akan mengalami kerugian. Salah satunya adalah analisis likuiditas saham yang dapat dilakukan oleh investor. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh secara empiris pengaruh likuiditas saham terhadap nilai perusahaan, alat yang digunakan untuk mengukur likuiditas saham adalah trading volume activity, sedangkan untuk nilai perusahaan yang digunakan adalah price to book value. 
Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif analisis bersifat kausalitas. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ-45 pada Bursa Efek Indonesia pada periode Februari-Agustus 2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang tersedia pada laporan keuangan perusahaan maupun data yang terdapat di situs internet. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji statistik, metode analisis regresi linear sederhana berganda untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan antar variabel dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas saham berpengaruh terhadap nilai perusahaan, akan tetapi korelasi antar kedua variable tersebut negatif. Berdasarkan pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa 11 persen nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh likuiditas saham, sedangkan 89 persen lainnya dapat dijelaskan oleh variable lain atau faktor-faktor lain yang belum dimasukkan dalam penelitian ini

Kata kunci : likuiditas saham, nilai perusahaan, trading volume activity, price to book value

Subjek

STOCK
 

Katalog

PENGARUH LIKUIDITAS SAHAM TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MENGGUNAKAN TRADING TURNOVER (Studi Pada Emiten yang Terdaftar dalam Indeks LQ 45 periode Februari -Agustus 2014)
 
81p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWI SAPUTRA
Perorangan
Brady Rikumahu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini