STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KULINER MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Kasus Pada Restoran Bebek Udig Tahun 2014)

ENIS MEITASARI

Informasi Dasar

14.04.749
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kota Bandung mendapatkan predikat sebagai tempat wisata kuliner favorit di Indonesia. Salah satu kuliner yang diminati adalah restoran dengan olahan daging bebek.Bebek Udig merupakan salah satu retsoran dengan menu olahan daging bebek di kota Bandung.Setelah empat tahun berdiri Bebek Udig harus pindah dan menempati lokasi baru. Bebek Udig dapat menciptakan model bisnis yang tepat untuk membangun kembali bisnisnya di lokasi yang baru dan bertahan dalam persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan proses bisnis restoran Bebek Udig menggunakan sembilan blok business model canvas dari Osterwalder dan Pigneur, kemudian mengevaluasi model bisnis menggunakan analisis SWOT, dan merekomendasikan rancangan business model canvas yang baru dari hasil evaluasi analisis SWOT. Penelitian ini menggabungkan metode penelitian kualitatif sebagai metode primer dan metode kuantitatif untuk mendukung dan memperkuat data. Sehingga penelitian ini menggunakan metode kombinasi model desain concurrent embedded. Metode penelitian kualitatif untuk melakukan pemetan proses bisnis Restoran Bebek Udig, metode kuantitatif untuk melakukan evaluasi analisis SWOT dengan menggunakan IPA matrix dan skala likert. Pengumpulan data primer dengan melakukan wawancara mendalam dan menyebarkan kuisioner, pengumpulan data sekunder melalui studi pustaka dan melalui akses internet untuk eksplorasi data penelitian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Bebek Udig memerlukan beberapa perbaikan pada model bisnisnya yaitu dari sembilan blok yang ada, peneliti merekomendasikan perubahan pada tujuh blok yaitu Key Activities –pada blok ini ditambahkan pencatatan data pelanggan, dan pembuatan SOP, Key Resources –pada blok ini ditambahkan admin sosial media, resep masakan, dan finansial, Customer Relationship –pada blok ini ditambahkan loyalty feedback dan souvenir, Channels -pada blok ini ditambahkan pameran dan event, Customer Segment –pada blok ini ditambahkan wisatawan sebagai segmen pelanggan, Cost Structure –pada blok ini ditambahkan biaya pengadaan souvenir, Revenue Streams- pada blok ini ditambahkan pendapatan penjualan souvenir dan pendapatan dari pameran.

Kata Kunci :Manajemen Strategi, Bisnis, Model Bisnis, Business Model Canvas, Analisis SWOT

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KULINER MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Kasus Pada Restoran Bebek Udig Tahun 2014)
 
86p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENIS MEITASARI
Perorangan
Dodie Tricahyono
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini