FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA MELALUI PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)(Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) Tahun 2013)

DEVY PERMATA AVIAMBONO

Informasi Dasar

14.04.830
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kewirausahaan (Entrepreneurship) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) ditujukan sebagai penunjang semangat kewirausahaan terhadap lulusannya. Dimana sebagai penunjang semangat kewirausahaan tersebut, setiap jurusan yang ada diberikan pembekalan matakuliah entrepreneurship. Selain itu, dengan diadakannya seminar-seminar kewirausahaan dan adanya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) diharapkan dapat meningkatkan semangat dan ketertarikan untuk berwirausaha pada mahasiswa. Tujuan umum penulisan skrispi ini adalah untuk mereplikasi model Theory of Planned Behavior terhadap minat mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) melalui pendekatan Theory of Planned Behavior yaitu untuk 1) melihat dan mengungkapkan pengaruh sikap terhadap minat berwirausaha mahasiswa; 2) mengungkapkan pengaruh norma subjektif terhadap minat berwirausaha mahasiswa; 3) mengungkapkan pengaruh kontrol perilaku terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) tahun akademik 2012-2013 yang telah mengambil matakuliah Entrepreneurship. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 275 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan model analisis yaitu Path Analysis yang menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Penelitian ini menggunakan taraf signifikansi sebesar 5% dan uji hipotesis dilakukan secara simultan (keseluruhan) dan secara parsial (individual). Didapat hasil bahwa hasil pengujian secara simultan nilai signifikan yaitu < 0,05 atau 5% sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, artinya sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Dilihat dari besarnya pengaruh variabel secara simultan, minat berwirausaha mahasiswa mampu dijelaskan sebesar 24,6% oleh sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku, sedangkan sedangkan sisanya sebesar 75,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukan bahwa nilai signifikan sikap adalah (0,000) < (0,05) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, artinya sikap berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Nilai signifikan norma subjektif ialah sebesar (0,023) < (0,05) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, artinya norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Kontrol perilaku memiliki nilai signifikan sebesar (0,002) < (0,05) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, artinya kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Dari hasil pengujian koefisien jalur diperoleh keterangan objektif bahwa variabel sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini hanya meneliti sampai sejauh mana minat mahasiswa untuk berwirausaha. Untuk melengkapi Theory of Planned Behavior disarankan penelitian mendatang lebih diarahkan untuk meneliti secara longitudinal sampai perilaku riil mahasiswa dalam berwirausaha, sehingga diperoleh kerangka model yang lengkap dan lebih akurat.

Kata Kunci: Theory of Planned Behavior, Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Path Analysis

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA MELALUI PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)(Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) Tahun 2013)
 
82p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEVY PERMATA AVIAMBONO
Perorangan
Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini