Perancangan Aplikasi Mobile Sebagai Media Alternatif Belajar Cepat Membaca Al-Qur'an Melalui Pendekatan Metode Iqro' Untuk Anak Usia 3-7 Tahun

RIZKA AZIZAN NURRAHIM

Informasi Dasar

14.04.856
005.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kehidupan pada era globalisasi saat ini mengalami perubahan kebudayaan. Perubahan kebudayaan yang terjadi salah satunya adalah meningkatnya kebutuhan hidup yang memaksa tulang punggung keluarga terutama orang tua untuk bekerja menjadi lebih giat. Tidak jarang kedua orang tua bekerja dan lebih banyak menghabiskan waktu mereka di luar rumah. Hal tersebut membuat para orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki anak usia prasekolah memiliki sedikit waktu untuk memantau perkembangan mental dan pendidikan anaknya. Banyak para orang tua yang pada akhirnya memilih untuk memberikan gadget kepada anaknya agar dapat berkomunikasi dan memantau perkembangannya. Sehingga pada akhirnya anak menjadi terbiasa dengan fasilitas canggih yang tersedia pada gadget. Anggapan bahwa kurangnya perhatian terhadap penerapan nilai-nilai agama pun muncul setelah banyaknya kasus mengenai penyimpangan moral dan perilaku yang berkaitan dengan anak-anak. Penerapan nilai-nilai agama, terutama agama Islam tentunya berperan penting dalam perkembangan kejiwaan dan karakter anak. Akan tetapi penerapan agama Islam masih banyak yang dilakukan secara konvensional. Salah satunya adalah belajar membaca Al-Qur’an melalui metode Iqro’. Pengajaran membaca Al-qur’an melalui metode Iqro’ ini banyak diterapkan kepada anak-anak usia 3-7 tahun. Cara pengajaran membaca Al-Qur’an ini dinilai sederhana karena metode pengajaran yang dilakukan melalui sebuah buku saja. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang menyangkut Pendidikan, terciptalah inovasi belajar melalui sebuah aplikasi gadget yang tergolong kedalam kategori edukasi. Akan tetapi masih sedikit aplikasi edukasi membaca Al-Qur’an yang menyasar pengguna usia pra-sekolah. Oleh karena itu dibutuhkan perancangan aplikasi edukasi membaca Al-Qur’an dengan berbagai aspek yang sesuai selera usia 3-7 tahun. Aspek-aspek tersebut yaitu metode dan rancangan visual yang diterapkan. Kedua hal itu dapat mempengaruhi mood dan penerimaan informasi pada saat digunakan. Hasil perancangan aplikasi diharapkan dapat menjadi metode alternatif tambahan belajar yang berkualitas bagi anak dan dapat meningkatkan semangat anak dalam belajar membaca Al-Qur’an. Kata kunci: aplikasi edukasi, agama Islam, anak-anak, metode Iqro’, membaca Al-Qur’an

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

Perancangan Aplikasi Mobile Sebagai Media Alternatif Belajar Cepat Membaca Al-Qur'an Melalui Pendekatan Metode Iqro' Untuk Anak Usia 3-7 Tahun
 
var.p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKA AZIZAN NURRAHIM
Perorangan
Dicky Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini