PERANCANGAN SARANA PENERANGAN JALAN UMUM ALTERNATIF DENGAN SUMBER ENERGI TENAGA ANGIN (Studi Kasus : Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat)

FRENDY JUNIAWAN PRATAMA

Informasi Dasar

14.04.1037
745.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Sarana penerangan jalan umum adalah bagian dari bangunan pelengkap jalan yang dapat diletakkan/dipasang di kiri/kanan jalan dan atau di tengah (di bagian median jalan) yang digunakan untuk menerangi jalan maupun lingkungan di sekitar jalan yang diperlukan termasuk persimpangan jalan, jalan layang, jembatan dan jalan di bawah tanah. Tujuan penelitian ini adalah merancang sarana penerangan jalan umum alternatif dengan sumber energi tenaga angin. Sedangkan untuk wilayah studi kasusnya sendiri ialah Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Dalam menyusun laporan ini pengumpulan data yang digunakan yaitu metode Kualitatif Deskriptis. Metode ini dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh objek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, tindakan, dan lain-lain, secara holistik dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan naratif pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Penelitian kulaitatif mempunyai tujuan utama mengumpulkan data deskrptif yang mendeskripsikan obyek penelitian secara rinci dengan maksud mengembangkan konsep atau pemehaman dari suatu gejala. Hasil penelitian yang dicapai adalah sarana penerangan jalan umum alternatif dengan sumber energi tenaga angin adalah suatu unit lengkap yang terdiri dari sumber cahaya (lampu/luminer), Elemen-elemen optik (pemantul/reflector, pembias/refractor, penyebar/diffuser). Elemen-elemen elektrik (konektor ke sumber tenaga/power supply dan lain-lain.), Struktur penopang yang terdiri dari lengan penopang yang menyatu pada tiang penopang vertikal dan pondasi tiang lampu. Sedangkan sumber energi berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB), kemudian arus listrik yang sudah dihasilkan di distribusikan dengan menggunakan teknologi jaringan listrik yang sudah ada saat ini.

Kata kunci : Desa Cimenyan , PJU, Tenaga Angin.

Subjek

DESIGN-PRODUCT
 

Katalog

PERANCANGAN SARANA PENERANGAN JALAN UMUM ALTERNATIF DENGAN SUMBER ENERGI TENAGA ANGIN (Studi Kasus : Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat)
 
var.p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FRENDY JUNIAWAN PRATAMA
Perorangan
Muchlis, Dandi Yunidar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini