PERENCANAAN JARINGAN LOKAL AKSES FIBER di STO TEGAL

Anjat Sukma Herjanto

Informasi Dasar

111010023
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada dasarnya fastlink merupakan pengganda saluran digital. Fastlink merupakan sistem berbentuk modul untuk pemecahan masalah jaringan dalam area pelayanan yang terdiri atas jasa interaktif (telepon, ISDN, 64 Kbit/s data dan 2 Mbit/s servis) dan jasa broadband (CATV) yang modern.
Dengan bertambahnya kemajuan dibidang ekonomi, kebutuhan masyarakat akan berbagai jenis layanan telekomunikasi juga semakin meningkat. Layanan yang ada sekarang lebih banyak menyampaikan informasi berupa suara, sedangkan jasa telekomunikasi sekarang ini juga dituntut untuk dapat menyampaikan informasi berupa data, gambar, video secara cepat dan memiliki kualitas yang baik.
Salah satu solusi dari keterbatasan jaringan yang sudah ada untuk menangani jasa multimedia, maka digunakan sistem jaringan dengan menggunakan media transmisi berupa kabel serat optik. Alasannya adalah serat optik ini memiliki lebar pita yang besar, ukurannya kecil, mudah dalam pengoperasian, dan juga praktis karena mempunyai kapasitas besar.
Pada tugas akhir ini dibahas mengenai perencanaan jaringan lokal akses fiber dengan teknologi Fastlink di STO Tegal. Perencanaan diawali dengan peramalan kebutuhan sambungan telepon dengan metode makro dan metode mikro.
Hasil dari peramalan terpilih kemudian digunakan untuk dasar perencanaan jaringan fiber, dan dari peramalan tersebut dapat kita tentukan jumlah perangkat yang dibutuhkan.Kata Kunci : ABSTRACT: Basically, DPG is a digital pair gain which is implemented by PT Telkom at access network called by Fastlink system. Fastlink consists of modules used for the solving of network problems. This system can handle many services, includes interactive services like telephone, ISDN, 64 Kbit/s data and 2 Mbit/s services, or modern broadband services like CATV.
With progress at economic sector requesites of society about telecommunication service so decrease. Existing telecommunication service more much transmitted the information in voice. But now telecommunication service must can give transmit not only in voice format but telecommunication service can transmit on other format (like data, picture, and video) with high bit rate and better quality with using
The solution for existing network weakness to handle a multimedia service, then used network system using transmission media sharped fibre optic wire. The reason is fibre optic has wide bandwidth, small size, easy for operating, and so practical because the fibre optic have high capacity.
On the final project studied about fibre access local network plan with Fastlink technology at STO Tegal. This plan started with demand forecast to forecasting demand need in next year.
Result of forecasting in used to make planning on fibre access network, and from this forecasting we can account the hardware were neededKeyword:

Subjek

other
 

Katalog

PERENCANAAN JARINGAN LOKAL AKSES FIBER di STO TEGAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anjat Sukma Herjanto
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini