ROUTING TRAFIK VOIP PADA JARINGAN SATELIT MULTILAYER ROUTING OF VOIP TRAFFIC IN MULTI-LAYERED SATELLITE NETWORKS

ANDHY KRISTIAWAN

Informasi Dasar

111010036
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: VoIP merupakan suatu teknologi yang mulai diminati di berbagai negara, bahkan sudah ada yang menggunakan teknologi VoIP sebagai pengganti sistem POTS (PSTN). Kemudian satelit sebagai media perantaranya dengan segala kekurangan dan kelebihan membawa banyak dampak yang sangat positif untuk digunakan sebagai salah satu alternatif saluran transmisi VoIP. Walaupun sekarang keberadaan satelit hanya merupakan backbone cadangan dari sistem fiber optic yang kian marak dibangun untuk menghubungkan satu negara dengan negara yang lain.
Pada tugas akhir ini dijelaskan mengenai perbandingan pola ruting dalam konstelasi satelit, yaitu shortest path dan algoritma ruting load balancing. Dari kedua algoritma ini dianalisa dari tinjauan Quality of Service-nya antara lain delay, paket loss, jitter, throughput dan rasio utilitas. Analisa dilakukan dari hasil simulasi yang dilakukan dengan software network simulator. Permodelan node satelit, bandwidth link, data rate, dan ISL disimulasikan dalam software ini.
Hasil yang dapat diambil dari kedua algoritma adalah bahwa dengan menggunakan algoritma load balancing, perutingan trafik memberikan perbaikan performansi yang signifikan baik dari segi delay, jitter, dan paket loss. Algoritma load balancing menjawab tantangan trafik real time untuk bisa mengalir pada jaringan satelit dengan kualitas berdasarkan QoS yang membatasinya.Kata Kunci : ABSTRACT: VoIP is one of technology that famous among countries in the world. Moreover, this technology is on behalf to change the old POTS (PSTN) technology. Satellite as one of transmission media with all of lackness and benefits bring a lot of positive thing beyond the VoIP traffic flow. Eventhough the satellite constellation nowadays is use as backbone transmission media from the fiber optic that come first as a choice to connect between countries.
In this thesis explain about comparations between shortest path routing technology and load balancing routing algorithm. From both of routing technologies has been analyzed on Quality of Service such as delay, packet loss, jitter, throughput, and utilization ratio. The analysis has been taken from the simulation running in network simulator software. Satellite node, bandwidth link, data rate, and ISL are modeled in this software.
The result from both routing algorithm are analyzed. Load balancing routing algorithm give a significant impairment due to real time (VoIP) traffic flow. The delay, jitter and packet loss are all gone to be better result in this algorithm. Then, the load balancing algorithm answered all the constraint by real time traffic to flow to satellite constellation.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

ROUTING TRAFIK VOIP PADA JARINGAN SATELIT MULTILAYER ROUTING OF VOIP TRAFFIC IN MULTI-LAYERED SATELLITE NETWORKS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDHY KRISTIAWAN
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini