Analisis Interworking Antara Protokol Megaco dengan Session Initiation Protocol

Jati Kalingga Praja

Informasi Dasar

111010155
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dunia telekomunikasi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Salah satu bukti dari perkembangan ini adalah munculnya teknologi NGN (Next Generation Network). Teknologi ini berusaha menggabungkan sinyal suara, data, multimedia, dan internet dalam satu paket data. Jika teknologi NGN ini mampu diimplementasikan maka diharapkan teknologi ini bisa menjadi andalan di masa datang.
Di dalam teknologi NGN, ada dua protokol yang sering digunakan. Kedua protokol tersebut adalah Megaco (H.248) dan Session Initiation Protocol (SIP). Megaco merupakan protokol call control antara Media Gateway (MG) dan Media Gateway Controller (MGC) yang biasa digunakan untuk menangani komunikasi untuk PSTN. Sedangkan SIP merupakan protokol signalling yang biasa digunakan untuk VoIP atau sesi multimedia.
Permasalahan baru muncul ketika apabila pelanggan PSTN ingin berkomunikasi dengan pelanggan SIP Phone atau sebaliknya. Dalam pembangunan komunikasi di kasus ini 2 protokol tersebut terlibat. Dalam hal ini perlu kita lihat bagaimana kemampuan interworking antara kedua protokol tersebut yang akan dibahas dalam tugas akhir ini. Pembahasan dalam Tugas Akhir meliputi pembahasan tentang perintah-perintah yang digunakan dalam Megaco dan SIP, format pengiriman message dengan Megaco dan SIP, pemetaan perintah Megaco dengan SIP, serta kemampuan interworking jika dilihat dari proses koneksi antara SIP Phone, MG, dan MGC dan parameter delay, jitter yang menyertainya.
Hasil penelitian dan pengukuran menunjukkan bahwa delay proses yang diakibatkan pada panggilan yang berawal dari telepon analog, baik yang melibatkan proses interworking maupun tidak, selalu menghasilkan delay yang lebih lama dibandingkan dengan panggilan dari telepon IP. Sedangkan baik dalam panggilan yang berasal dari telepon analog ataupun IP, delay translasi pesan terbesar terjadi pada saat pembangunan hubungan dan pemutusan hubungan.Kata Kunci : softswitch, megaco, sip, interworkingABSTRACT: Nowdays, the world of telecommunication are growing so fast. It is proved by the new technology that appear recently, called NGN (Next Generation Network). This technology try to combine the voice signal, data, multimedia, and internet in one paket of data. If this technology can be implemented, many people hope that this technology will be a great technology in the future.
In NGN technology, there are two protocol which are commonly used. There are Megaco (H.248) and Session Initiation Protocol (SIP). Megaco is a call control protocol between Media Gateway (MG) and Media Gateway Controller (MGC) which is commonly used to handle communication to PSTN. Meanwhile, SIP is signaling protocol which is used for VoIP or multimedia session.
A new problem arise when a PSTN want to communicate with a VoIP customer or SIP Phone or vice versa. In this communication, both of protocol above are used. In these case, we need to analyze interworking capability between both of above protocol which is discussed in this final project. This final project will discuss about the commands that are used in Megaco and SIP, the message format in Megaco and SIP, message mapping, and interworking capability.
In the end, the result of my research showed that the process delay which came from the communication which its caller was came from analog phone, with or without interworking process, was longer than others. And in translation process, delay in building communication and terminating communication was longer than others.Keyword: softswitch, megaco, sip, interworking

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Interworking Antara Protokol Megaco dengan Session Initiation Protocol
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jati Kalingga Praja
Perorangan
Rendy Munadi , Randi Permana .
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini