ANALISIS AKTIVASI SMOOTH CHANNEL MODIFICATION DALAM PENINGKATAN KAPASITAS KANAL SIGNALLING PADA JARINGAN GSM (SMOOTH CHANNEL MODIFICATION ACTIVATION ANALYSIS AT SIGNALLING CHANNEL CAPACITY ENHANCEMENT IN GSM CELLULAR SYSTEM)

M FAIZAL LUBIS

Informasi Dasar

111010270
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi seluler dalam hal ini GSM memaksa para operator untuk meningkatkan pelayanannya.Pemenuhan kebutuhan akan call setup dan SMS merupakan salah satu service yang paling banyak digunakan oleh para pengguna GSM. Ketersediaan jaringan GSM akan layanan tersebut harus sangat diperhatikan oleh para operator khususnya pada waktu – waktu tertentu dimana pada saat tersebut terjadi lonjakan trafik yang cukup signifikan. Capacity Planning menjadi hal yang urgent dalam masalah ini.
Keterbatasan operator akan resource yang ada memaksa mereka menyediakan kanal SDCCH (Signalling, call setup, SMS) yang lebih banyak untuk menekan SDCCH blocking dan meningkatkan kesuksesan pendudukan kanal SDCCH yang diukur oleh SDSR (SDCCH Successfull Rate). Oleh karena itu dibutuhkan suatu solusi yang tepat, cepat, dan efisien untuk mengatasi hal tersebut.
Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Metode Smooth Channel Modification (Dinamic-SDCCH /TCHSD). Metode ini bekerja dengan mengalokasikan suatu kanal baru dengan tipe TCHSD, dimana kanal tersebut dapat digunakan sebagai kanal TCH atau dapat juga digunakan sebagai kanal SDCCH secara dinamik dan fleksibel, tergantung dari kondisi call yang ada .
Dengan penggunaan Metode ini diharapkan mampu menurunkan tingkat SDCCH blocking tanpa menyebabkan kenaikan terhadap TCH blocking yang ada dengan dimensioning channel yang fleksibel dan dinamis.Kata Kunci : ABSTRACT: The growth of cellular technology especially GSM , made the operator to increase the services. In order to meet the call setup and SMS application demand which one of the most GSM subscriber used and GSM network availability for that services, the operator have to anticipate, especially at certain event where at time of traffic load is increasing significantly. Planning capacity is urgently required for this condition.
Limited resource makes the operator used more SDCCH channel (Signalling, call setup , SMS) to decrease the blocking of SDCCH and to increase the successful of SDCCH channel occupation which is being measured by SDSR ( SDCCH Successful Rate).Therefore, the proper and efficient solution is necessary to solve this problems.
One of the solution is by using the dynamic SDCCH (TCHSD) method. This work’s method is to allocate a new channel type known as TCHSD, which can be used either for TCH or SDCCH channel dynamically and flexibly, depends on the call condition.
By using this method, will be able to decrease the blocking of SDCCH without impact of increasing TCH blocking with flexible and dynamic channel dimension.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

ANALISIS AKTIVASI SMOOTH CHANNEL MODIFICATION DALAM PENINGKATAN KAPASITAS KANAL SIGNALLING PADA JARINGAN GSM (SMOOTH CHANNEL MODIFICATION ACTIVATION ANALYSIS AT SIGNALLING CHANNEL CAPACITY ENHANCEMENT IN GSM CELLULAR SYSTEM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M FAIZAL LUBIS
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini