PERENCANAAN JARINGAN RADIO WCDMA DAN LINK GELOMBANG MIKRO UNTUK KOTA BANDUNG SERTA PEMODELAN ASPEK BISNIS (WCDMA RADIO NETWORK AND MICROWAVE LINKS PLANNING FOR BANDUNG CITY AND BUSINESS ASPECT MODEL)

ARMI DEBI

Informasi Dasar

111010343
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan dunia teknologi komunikasi informasi dan semakin meningkatnya bandwidth yang dapat diakses oleh MS (Mobile Station) melahirkan banyak aplikasi-aplikasi menarik yang dapat dinikmati. Tujuan dari sistem komunikasi bergerak generasi ke tiga (3G) adalah mengintegrasikan banyak layanan komunikasi dan informasi seperti komunikasi data dengan kecepatan tinggi, akses dan trafik video dan multimedia secara menyeluruh seperti halnya layanan voice (suara). Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) merupakan suatu evolusi dari GSM yang mendukung performansi generasi ke tiga (3G). UMTS menggunakan teknologi akses jamak Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA).
Dalam penerapannya, perlu dilakukan perencanaan jaringan yang perlu diestimasi agar dapat melayani kebutuhan konsumen. Pada tugas akhir ini dilakukan perencanaan jaringan radio WCDMA dan link gelombang mikro untuk core networknya serta pemodelan aspek bisnis untuk studi kasus kota Bandung.
Langkah-langkah yang dilakukan meliputi perencanaan BTS, jaringan gelombang mikro, infrastruktur untuk membangun jaringan, dan sisi bisnis untuk jaringan ini.
Hasil yang dharapkan dari tugas akhir ini yaitu diperoleh suatu perencanaan jaringan radio WCDMA yang optimal baik dari segi perangkat jaringan yang digunakan provider WCDMA maupun kualitas yang diterima oleh pemakai jasa layanan.
Kata Kunci : Pendimensian Jaringan WCDMA, Link Gelombang Mikro, Pemodelan Bisnis, Sistem komunikasi selulerABSTRACT: The evolution of information communication technology and the rising of bandwidth that can be accessed by MS (mobile station) produce many interesting applications. The goal of third generation (3G) mobile communication system is integrating many communication and information services such as high rate data communication, fully video and multimedia access and traffic like voice service. Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) is an evolution of GSM supporting third generation performance. UMTS is using Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA) technology.
In implementation, need to do the network planning that should be estimated. In this final project, the WCDMA network planning, microwave link planning for the core network and business aspect modeling will be done for Bandung city study case.
The steps are BTS planning, microwave planning, the infrastructure and the business side of this network.
The expected result of this final project is got a optimal WCDMA radio network planning.
Keyword: WCDMA Network Dimensioning, Microwave Link, Business Modeling, Cellular Communication System

Subjek

other
 

Katalog

PERENCANAAN JARINGAN RADIO WCDMA DAN LINK GELOMBANG MIKRO UNTUK KOTA BANDUNG SERTA PEMODELAN ASPEK BISNIS (WCDMA RADIO NETWORK AND MICROWAVE LINKS PLANNING FOR BANDUNG CITY AND BUSINESS ASPECT MODEL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARMI DEBI
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini