Denoising Pada Sinyal Bicara Menggunakan Wavelet Packet Transform dan Teager Energy Operator

I Made Putra Krismawan

Informasi Dasar

111020088
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Denoisng merupakan suatu metode pengolahan sinyal untuk menghilangkan noise pada sinyal, baik pada audio, citra atau jenis sinyal lainnya. Telah banyak metode yang dinyatakan mampu melakukan proses denoising, salah satunya adalah time adapted threshold yang diperkenalkan melalui penggunaan teager energy operator.
Pada tugas akhir ini dipilih denoising mempergunakan Teager Energy Operator pada paket wavelet. Fungsi dari energi operator yang digunakan adalah untuk menghitung nilai threshold, yang digunakan pada soft thresholding. Metode ini diharapkan mampu memperbaiki kualitas sinyal, dalam hal ini menekan noise pada voice.
Performansi sistem denoising dianalisa berdasarkan kualitas stereo voice, dalam hal ini voice hasil denoising, yang dilakukan melalui penilaian objektif dan subjektif. Dalam penelitian ini digunakan analisa parameter SNR sebagai penilaian objektif serta menggunakan MOS sebagai penilaian subjektif untuk menentukan kualitas suara yang dihasilkan.
Hasil analisis yang didapat adalah peningkatan SNR yang mencapai 10.53 dB pada SNR input 0 dB. Hal ini merupakan hasil perbaikan yang diperoleh dengan pengaplikasian time adapted threshold yang diperoleh dengan menggunakan teager energy operator.
Kata Kunci : Wavelet paket, Voice stereo, time adapted thereshold, teagerABSTRACT: Denoising is a signal processing method to remove noise in audio, picture or others signal. Many method are founded to do denoising process, e.g. time adapted thresholding is recognized by Teager Energy Operator
In this graduation paper, Teager Energy Operator in Wavelet Packet is chose for denoising process. Energy Operator is usage for calculate value of threshold in soft threshold method. This Method is expected to repair the quality of signal, on this case to force down noise level.
The denoising system performance is analyzed by quality of stereo voice, on this case the denoising signal. In this research analyzed through objective using SNR result and subjective criteria through MOS (mean opinion Score) for improve the quality of voice.
On The analyze result, it can repair up to 10.53 dB on the SNR input 0 dB, result is calculate for the time adapted threshold where is calculate by teager energy operator.
Keyword: Wavelet paket, Voice stereo, time adapted thereshold, teager

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Denoising Pada Sinyal Bicara Menggunakan Wavelet Packet Transform dan Teager Energy Operator
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Made Putra Krismawan
Perorangan
IWW, RTA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini